Langkah-Langkah Pemrograman Komputer



Binti Qomariah - Assalammu'alaikum wr. wb. 

PENGERTIAN
Langkah-langkah atau proses yakni urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Pemrograman komputer merupakan suatu proses iteratif penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah program.
   
LATAR BELAKANG
Dalam menentukan program komputer kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana kita dalam mengenali dan menyelesaikan masalan, dan menentukan bagaimana cara penyelesaiannya.

MAKSUD DAN TUJUAN
  • Menjadikan pemikiran kita menjadi terstruktur
  • Menjadikan pikiran kita menjadi terarah
URAIAN
1. Mendefinisikan masalah, Langkah pertama ini sering kali tidak dilakukan oleh banyak pemrogram. Begitu mendapat perintah untuk membuat suatu program, mereka langsung menulis programnya tanpa mendefinisikan masalahnya terlebih dahulu. 
 2. Menentukan solusi, Setelah masalah didefinisikan dengan jelas, masukan apa yang diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan sudah jelas, langkah selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Apabila permasalahan terlalu kompleks, biasanya kita harus membaginya ke dalam beberapa modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.  
3. Memilih algoritma, Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemrograman komputer. Pemilihan algoritama yang salah akan menyebabkan program tidak dapat berjalan dengan baik. 
4. Menguji program, Setelah program selesai ditulis, program tersebut harus diuji. Pengujian meliputi : keberhasilan kompilasi, keberhasilan output dan keberhasilan pemecahan kasus.
5. Menulis dokumentasi, Hal ini biasanya dilakukan bersamaan dengan menulis program. Artinya pada setiap baris program , atau setiap beberapa baris program dilakukan penulisan komentar. Dokumentasi merupakan hal yang sangat penting.Dokumentasi diperlukan terutama pada saaat akan melakukan perubahan program atau membaca program yang sudah ada. Komentar-komentar oendek pada program biasanya sudah cukup. Namun akan lebih baik jika dituliskan pada file terpisah untuk kemudian dicetak diatas kertas bilamana perlu.
6. Perawatan, Langkah ini dilakukan setelah program selesai dibuat dan sudah digunakan oleh pengguna. Hal yang paling sering terjadi disini adalah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna ingin menambahkan fisilitas baru. Apabila hal seperti ini terjadi harus dilakukan revisi terhadap program.

KESIMPULAN
Sebelum melakukan pemrograman dan membuat program serta penentuan flowchart kita harus mengetahui bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan.
Langkah-langkah tersebut harus dilakukan secara berurutan, jangan meloncat-loncat.

REFERENSI

Previous
Next Post »