Diskusi Bersama Mbah Suro : Apa itu Hosting dan Bagaimana Cara Kerja DNS


A. PENGERTIAN
Menurut Wikipedia, Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTPFTPEMAIL, atau DNS.
Nah, sedangkan menurut Mbah Suro adalah web hosting berasal dari kata Host yang berarti sekumpulan client yang terhubung / tersambung dengan Internet itulah yang di namakan Host (kurang lebih, kalau ga lupa Author). Nah, sedangkan Hosting ialah sebuah kata kerja yang berarti mengonlinekan sebuah website (namun bukan cuman website), yang terhubung dengan Internet dan Hosting di sini menyediakan layanannya seperti Cpanel dan lain".

B. LATAR BELAKANG
Kita sebagai programmer memang sudah seharusnya memahami tentang apa itu hosting dan web hosting.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar kita dapat memahami tentang hosting dan web hosting.

D. URAIAN
DNS mampu membuat 2 nama domain di satu website.
Yang di maksud 2 nama domain yaitu, formalnya untuk pertama kalinya DNS itu menggunakan nama domain yang berupa Ip seperti localhost yang dapat di panggil lewat web browser dengan mengetikkan localhost / 127.0.0.1. Nah itu yang saya maksud 2 nama domain. Yang pertama berupa Ip, dan yang kedua berupa Text dan Angka.

Nah, untuk Hosting sendiri itu seperti yang saya jabarkan di pengertian tadi yaitu berasal dari kata Host yang artinya sebuah client yang terhubung dengan Internet dapat di sebut dengan Host, nah namun kalau Hosting ini merupakan kata kerja yang berarti mengonlinekan sebuah website dan menyimpan sesuatu / file Hosting namun dengan sambungan Internet.


Cara Kerja DNS
Jadi Client mengetikkan nama domain yang berupa Ip ataupun domain Text di web browser, maka akan merequest ke atasnya yaitu merequest ke DNS Servernya dan jika web / nama domain di temukan maka DNS Server dan di arahkan ke Link / nama domain sesuai nama domain yang di tuju tadi.  



Dan disini juga di jelaskan tentang Resolver dan Resolving, nah untuk Resolver ini ialah sebuah Klien yang mengirimkan sebuah request ke Server DNS (mencari nama domain tadi), nah permintaan request inilah yang di sebut Resolving.

E. KESIMPULAN
Jadi, sebelum kita menjadi seorang IT, setidaknya kita harus menguasai tentang hosting dan wes hosting terlebih dahulu.

F. REFERENSI
https://sleeping-codings.blogspot.co.id/2017/10/sharing-dengan-mbah-suro-apa-itu.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_hos_web
Previous
Next Post »