PHP OOP : Mengenal Property, Class dan Object

Binti Qomariah - Assalamu'alaikum sobat,
Setelah kemarin kita berkenalan dengan PHP OOP, kini tiba saatnya kita mengenal komponen-komponennya atau yang ada di dalam PHP OOP. Dan yang pertaman akan kita bahas terlebih dahulu adalah Property dan Class. Apa itu ya?. Oke, kita bahas disini bareng-bareng.

A. PENGERTIAN
Class adalah merupakan blueprint yang ada di PHP OOP, jadi Class ini merupakan wadah atau tempat untuk meletakkan method dan property.
Property adalah variabel yang ada di dalam Class.
Object adalah Object atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class.

B. LATAR BELAKANG
Karena kemarin kita sudah berkenalan dengan PHP OOP. Maka sekarang sudah waktunya untuk mempelajari komponen yang ada didalam PHP OOP.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memahami tentang Property, Class dan Object dalam PHP OOP.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami dan membuat Property, Class dan Object.

E. URAIAN

CLASS
Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object. Class dalam analogi ini adalah gambaran umum tentang sebuah benda.
Di dalam PHP, penulisan class diawali dengan keyword class, kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan nama class sama seperti aturan penulisan variabel dalam PHP, yakni diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf, underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya. Isi dari class berada dalam tanda kurung kurawal. Contoh dari Class itu sendiri adalah sebagai berikut :
php?>

class Buku{
//isi dari class Buku.

}
PROPERTY
Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Jika anda sudah terbiasa dengan program PHP, property ini sebenarnya hanyalah variabel yang terletak di dalam class. Seluruh aturan dan tipe data yang biasa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput kedalam property. Aturan tata cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.

php?>

class Buku{

var $judul;
var $halaman;

}
OBJECT 
Object ini merupakan hasil cetak dari class. Proses mencetak object ini biasa disebut dengan instantisasi object. Pada PHP OOP, proses intantisasi object ini menggunakan keywoard "new". Hasil cetakan class akan disimpan dalam variabel untuk selanjutnya digunakan dalam proses program. Contohnya seperti ini :
php?>

class Buku{

var $judul;
var $halaman;

$buku1 = new Buku();
}

F. HASIL YANG DIDAPAT
Dapat memahami dan membuat Property, Class dan Object.

G. KESIMPULAN
Dalam penulisan dan pembuatan Property, Class dan Object sangatlah mudah tuliskan dan dipahami.

H. REFERENSI
http://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-oop-php-pengertian-class-object-property-dan-method/
Previous
Next Post »