Hak Akses di Linux


A. PENGERTIAN
Hak akses adalah hak yang diberikan kepada user untuk mengakses sistem. 

B. LATAR BELAKANG
Sebagai pengguna Linux, tentunya kita harus tahu macam-macam hak akses yang ada pada linux.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar kita mengetahui macam-macam hak akses yang ada di linux.

D. URAIAN
Dua perintah (program) dalam Linux yang digunakan untuk mengatur hak akses tersebut adalah chmod dan chown.

  • chmod digunakan untuk mengubah hak akses suatu file
  • chown digunakan untuk mengganti pemilik file tersebut.

Terdapat tiga macam hak akses dari sebuah file, yaitu: 
  •  Read: mengizinkan user lain untuk membaca isi dari file tersebut tetapi user lain tidak dapat melakukan perubahan isi file. 
  • Write: mengizinkan kepada user lain untuk dapat membaca dan melakukan perubahan terhadap isi file, termasuk menghapusnya. 
  • Execute: mengizinkan user lain dapat mengeksekusi/menjalankan file (biasanya berupa script atau program).
Setiap file dan direktori yang ada dalam sistem linux memiliki tiga buah hak akses, satu untuk user itu sendiri, kemudian untuk user dalam grup yang sama dengan pemilik file dan yang terakhir untuk user lainnya.

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai penggunaan perintah diatas, sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu mengenai hak akses di dalam Linux.

-rw-rw-r-- 1 postgres postgres 41527 Jul 12 2001 summary.pdf drwxrwxr-x 2 postgres postgres 4096 Sep 20 2002 Suse -rw-r--r-- 1 root root 4935 Aug 23 2001 T123456.log -rw-r--r-- 1 postgres postgres 13335 Apr 10 17:04 tchart2.java
Karakter pertama menunjukkan jenisnya, jika berisi karakter d, berarti itu adalah direktori sedangkan jika kosong berarti file. Sembilan karakter berikutnya menunjukkan hak aksesnya, dengan tiga karakter pertama menunjukkan hak akses untuk user tersebut, tiga karakter berikutnya menunjukkan hak akses untuk grup nya dan tiga karakter terakhir menunjukkan hak akses untuk user lain. 

Hak akses terhadap file juga dapat dikonversikan ke dalam bilangan biner dandesimal seperti yang tampak pada tabel berikut.

Image

Nah, disini dapat disimpulkan :

r (read) Hak akses untuk membaca 4 w (write) Hak akses untuk menulis 2 x (exec) Hak akses untuk menjalankan 1.

Dengan mengkombinasikan nilai pada masing-masing hak akses tersebut, akan didapatkan hak akses masing-masing, perhatikan tabel berikut: 

Arti Nilai Hak Akses--- 0 Tidak memiliki hak akses (tidak dapat di akses) r-- 4 Dapat dibaca dan ditulis (diedit) rw- 6 Dapat dibaca dan ditulis (diedit) rwx 7 Dapat dibaca, ditulis dan dieksekusi (dijalankan) r-x 5 Dapat dibaca dan dijalankan, tetapi tidak dapat diedit --x 1 Hanya dapat dijalankan Berikut contoh penerapannya: -rw------- 600 Pemilik memiliki hak akses baca dan tulis, sedangkan orang lain tidak memiliki hak akses apapun. Dengan menggunakan hak akses ini file anda tidak dapat dibaca orang lain, biasanya digunakan untuk file-file dokumen penting -rw-r--r-- 644 Pemilik memiliki hak akses baca dan tulis sedangkan orang lain hanya dapat membaca saja. Gunakan hak akses ini jika anda ingin orang lain dapat membaca file anda -rw-rw-rw- 666 Dengan hak akses ini, orang lain juga akan dapat membaca dan merubah file anda -rwx------ 700 Pemilik dapat membaca, menulis dan menjalankan file ini, hak akses ini yang biasanya digunakan untuk menjalankan program -rwxr-xr-x 755 Pemilik memiliki hak akses baca, tulis dan menjalankan file ini, sedangkan orang lain hanya dapat membaca dan menjalankan file tersebut drwx------ 700 Hanya pemilik yang dapat mengakses, membaca dan menulis pada direktori tersebut. Setiap direktori harus memiliki hak akses x untuk dapat diakses drwxr-xr-x 755 Isi direktori ini hanya dapat dirubah oleh pemilik, tetapi orang lain dapat membaca isi direktori tersebut.



E. HASIL YANG DIDAPAT
Dapat memahami dan mengerti tentang hak akses di linux.

F. KESIMPULAN
Hak akses di linux ini dapat kita kembangkan karena linux disini merupakan open source dari kita bebas mengeksplornya.

G. REFERENSI
https://sleeping-codings.blogspot.co.id/2017/08/assalamualaikum-wr.html
https://www.google.co.id/search?q=hak+akses&oq=hak+akses&aqs=chrome..69i57j0l5.3219j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Previous
Next Post »