Pengenalan Moodle


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman. Hari ini saya akan mengenalkan kalian dengan moodle. Apa sih moodle itu?. Sebangsa apa sih? dan dari suku mana sih moodle itu?. Penasaran ya, simak dulu.

A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Menurut wikipedia, MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning
2. Latar Belakang
Dikarenakan kita akan menginstall moodle, maka sebelum kita menginstall moodle, kita harus tahu pengertian dan kegunaan dari moodle tersebut.
3. Maksud dan Tujuan
Agar mengerti dan memahami pengertian dan kegunaan moodle.
4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat memahami pengertian dan kegunaan dari moodle.

B. URAIAN
1. Pengertian
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle adalah aplikasi opensource di bawah lisensi GNU.
2. Seperti apa Social Contructionist Pedagogy itu?
Model pengajaran berorientasi objek (murid) ini berbeda dengan sistem pengajaran tradisional yang biasanya memberikan informasi atau materi yang dianggap perlu oleh pengajar untuk diberikan kepada murid. Peran pengajar dalam sistem Moodle ini antara lain: berhubungan dengan murid-murid secara perorangan untuk memahami kebutuhan belajar mereka dan memoderatori diskusi serta aktivitas yang mengarahkan murid untuk mencapai tujuan belajar dari kelas tersebut.
3. Penggunaan Moodle
Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan. Selain itu Fitur Penggunaan Moodle lainnya yaitu :
  • autetikasi, menggunakan Lightweight Directory Access Protokol (LDAP)Shibbloleth, atau metode standar lainnya seperti Internet Message Access Protocol (IMAP)
  • penerimaan kelas, menggunakan IMS Enterprisedaripada metode standar lainnya, atau dengan interaksi langsung dengan database eksternal
  • pertanyaan kuis, menyediakan impor/ekspor banyak format: GIFT (format Moodle sendiri), IMS, XML dan XHTML (walaupun ekspor berjalan dengan baik, impor sering kali tidak berhasil). Moodle menyediakan bermacam jenis pertanyaan - Perhitungan, Deskripsi, Essai, Pencocokan, Pilihan berganda, Pilihan singkat, angka, Pencocokan jawaban singkat acak, Benar/Salah.
  • sumber, menggunakan IMS Content Packaging seperti Drupal, Joomla atau Postnuke (via ekstensi pihak ketiga)
  • sindikasi, menggunakan RSS atau NewsFeed - newsfeed dapat ditampilkan pada mata pelajaran, dan forum, blog, serta fitur lainnya yang dapat menyediakan newsfeed


4. Fitur Moodle
- Assigment Submission
- Forum Diskusi
- Unduh Arsip
- Peringkat
- Chat
- Kalender Online
- Berita
- Kuis Online
- Wiki
Infrastruktur Moodle mendukung banyak tipe plugin seperti:
- Aktifitas
- Jenis-jenis sumber daya
- Jenis-jenis pertanyaan
- Jenis-jenis pengisian data
- Tema bergambar
- Metode autentikasi
- Metode pengambilan pembelajaran
- Penyaring konten

C. KESIMPULAN
Moodle adalah Aplikasi opensource yang berupa e-learning yang dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

D. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
Previous
Next Post »