Tutorial Menginstall Auto Index di PHP 7.




Binti Qomariah – Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Assalamu’alaikum teman-teman. Hari ini saya akan membagikan tutorial dalam pembuatan auto index di php 7. Sebenarnya, saya diberi tahu oleh salah satu teman saya, bahwa auto index hanya bisa di install di php 5. Kemudian saya penasaran dan mencoba, akhirnya bisa. Nah, kalian penasaran kan. Pasti diantara teman-teman berpikiran, kok bisa sih?, gimana sih caranya?, apa sih triknya?, atau jangan-jangan coding sendiri dari awal ya?. Penasaran ya ?. Simak dulu deh. Oh ya, biasakan baca dengan teliti ya ..

A. JUDUL KEGIATAN
Tutorial Menginstall Auto Index di PHP 7.

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian
AutoIndex atau Autoindex PHP Script merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang dapat kita gunakan sebagai File Manager Online.
2. Latar Belakang
Dikarenakan agar penyimpanan kita bisa terstruktur, rapi dan tersimpan di server kita. Selain itu, teman saya yang menggunakan php 7 memberi tahu saya bahwa auto index itu tidak bisa di install di php 7. Maka dari itu, saya penasaran dan akhirnya mencoba dan mencari beberapa referensi tentunya.
3. Maksud dan Tujuan
Agar file dan folder kita lebih rapi dan terstruktur. Dan tersimpan di server kita.
4. Hasil yang Diharapkan
Dapat membuat auto index di php 7.

C. ALAT DAN BAHAN
- Text Editor
- Laptop atau Komputer
- Satu package aplikasi auto index

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
-/+ 5-10 Menit.

E. URAIAN KEGIATAN
1. Letakkan package auto index di directory /var/www/html.
2. Buka terminal, masuk ke root sebagai super user (sudo su). Kemudian masuk ke directory penyimpanan /var/www/html kita. Dengan mengetikkan :
#cd /var/www/html


3. Karena file auto index berbentuk zip. Maka unzip dulu auto index kita melalui terminal/shell karena kita sudah masuk ke root, kita tidak perlu menggunakan sudo lagi, seperti di bawah ini :
#unzip nama_autoindex
4. Kemudian rename auto index kita. Hal ini dilakukan karena agar pada saat kita membuka dibrowser nanti tidak kesulitan dalam memasukkan nama. Saya merename-nya dengan nama repository. Kita rename melalui terminal/shell kita dengan memasukkan perintah :
#mv nama_autoindex nama_autoindex_baru
misalnya #mv AutoIndex-2.2.4/ repository
5. Kemudian, agar kita bisa mengoperasikan auto index kita, kita beri hak akses kepemilikan dulu. Dengan mengetikkan:
#chown -R www-data:www-data nama_autoindex
6. Jika sudah diberi hak kepemilikan, kita beri hak akses untuk pengelolaan folder dan file auto index kita. Dengan mengetikkan :
#chmod 755 nama_autoindex
7. Kemudian kita buka file auto index kita melalui browser dengan mengetikkan localhost/nama_autoindex.

8. Kemudian akan muncul AutoIndex Script Configuration. Langsung klik Configure.


9. Jika kita belum memiliki config auto index, maka dibawah Configure akan terdapat peringatan yang arinya kita harus mendownload dulu. Nah, dimana kita akan mendownloadnya?. Jangan khawatir, pada saat kita meng-klik Configure, maka langsung akan muncul tampilan berupa download config autoindex. Nah, di auto index milik saya ini belum memiliki config auto index, maka saya akan mendownload-nya terlebih dahulu.


10. Nah, jika punya teman-teman sekalian sudah ada config auto index-nya lewati step 10 ini. Di step 10 ini, kita hanya akan memindah file auto index ke directory penyimpan auto index dan kita letakkan di dalam folder auto index.
11. Klik Configure, kemudian akan muncul seperti ini. Jangan khawatir, di php 7 memang terdapat error tersebut. Penyelesainnya adalah dengan cara kita buka index.php kemudian di line 122 terdapat script if (@set_magic_quotes_gpc()). Script ini, terdapat @set, @set ini kita ubah menjadi @get, seperti ini if (@get_magic_quotes_gpc()).




12. Kita refresh browser auto index kita dan Selamat, Auto Index kita sudah terinstall. Kita bisa memasukkan file dan folder di folder auto index kita yang tersimpan di directory /var/www/html. Di situ, kita juga bisa mengedit misalnya menambahkan logo, gambar dan yang lainnya. Dan juga kita bisa mengubah nama atau judul dari auto index kita.


F. KESIMPULAN
Auto Index bisa kita gunakan sebagai penyimpanan di server kita. Auto Index ini adalah offline. Kita bisa menyimpan berbagai media ataupun e-book atau yang lainnya didalam auto index tersebut.

G. HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat menginstal auto index di php 7 tanpa ada kendala atau error.

H. TEMUAN MASALAH
Sejauh ini, dalam penginstalan terdapat fatal error. Ini dikarenakan @set pada index.php kita harus kita ubah menjadi @get.


I. REFERENSI
Teman-Teman RPL BLC Telkom-KPLI Klaten.
Previous
Next Post »