PHP OOP : Pengenalan PHP OOP


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum sobat, selamat sore.
Hari ini yang materi yang akan saya sharing kan ke sobat adalah mengenai PHP OOP. Nah, kemarin kan kita sudah mengenal yang namanya PHP Prosedural atau yang biasa kita sebut dengan PHP Native. Yah, walaupun tidak banyak, hanya sedikit saja yang kemarin kita pelajari. Walaupun begitu, setidaknya kita telah mengenal PHP Prosedural. Oke, langsung lanjut ke materi saja ya sobat.

A. PENGERTIAN
Menurut wikipedia, PHP OOP merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.

B. LATAR BELAKANG
Dikarenakan kemarin kita sudah mempelajari tentang PHP Prosedural, maka sudah saatnya kita mempelajari PHP OOP.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memahami apa yang dimaksud dengan PHP OOP sebagai bekal untuk melanjutnya ke materi PHP OOP lebih lanjut.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Memahami yang dimaksud dengan PHP OOP.

E. URAIAN

E.1. Pengertian
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

E.2. Konsep Dasar PHP OOP
PHP OOP memiliki konsep dasar sebagai berikut :
1. Kelas
Kelas merupakan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh, misalnya disini kita memiliki kelas hewan (class hewan). Nah, class hewan tersebut merupakan suatu unit yang akan di uraikan menjadi definisi-definisi data atau fungsi-fungsi yang menunjuk pada perilaku hewan. Contohnya hewan dapat berjalan.
2. Objek
Objek ini akan membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah pemrograman komputer.
3. Abstraksi
Yang dimaksud dengan abstraksi disini merupakan kemampuan sebuah program untuk memfokuskan pada inti, yaitu kemampuan untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya.
4. Enkapsulasi
Merupakan cara objek mengakses interface. Enkapsulasi disini ada 3 macam yaitu :
- Private : dapat diakses hanya dari dalam class-nya saja.
- Public : dapat diakses dari mana saja.
- Protected : hanya dapat di akses dari dalam class dan class turunannya saja.
5. Polimorfisme
Bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim.
6.  Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut.

F. HASIL YANG DIDAPAT
Memahami apa yang dimaksud dengan PHP OOP.

G. KESIMPULAN
Dengan bahasa pemrograman PHP OOP, kita dapat melakukan pemecahan suatu masalah kita dengan tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut.


H. REFERENSI 
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek
Previous
Next Post »