PHP : Mengenal variabel pada PHP


PENGERTIAN 
Variabel bisa diartikan sebagai penyimpan informasi atau data sementara di dalam pemrograman. Di dalam Variabel (valuenya), ada banyak tipe data yang dapat diisikan contohnya, tipe data interger, tipe data string, tipe data boolean, dll. Nah, nilai di Variabel ini juga dapat di ubah loh. Nah, kegunaan dari Variabel yaitu memudahkan programmer untuk menandai masing-masing variabel tersebut, dan memudahkan untuk pemanggilan variabelnya tersebut.

LATAR BELAKANG
Penggunaan Variabel ini sangat penting, dan sangat di butuhkan dalam bahasa pemrograman, khususnya PHP, jika temen" belum paham tentang penggunaan Variabel dan Maksud Tujuan adanya Variabel, di sini temen" bisa belajar bareng. sharing bareng, dan sampaikan komentar apabila belum / kurang paham apa yang Author sharingkan ke temen".

CARA PENULISAN VARIABEL di PHP
Penulisan variabel di PHP mempunyai ketentuan tersendiri, pada sub judul kali ini saya akan mensyaringkan tentang bagaimana cara penulisan variabel yang benar di php sesuai dengan ketentuan dari PHP. Berikut ini cara penulisan variabel di PHP :
1. Penulisan Variabel PHP di awali dengan tanda $ .
2. Variabel PHP bersifat Case Sensitive atau sensitif terhadap huruf besar dan kecil.
3. Kemudian untuk mengisi suatu variabel bisa langsung menambahkan tanda sama dengan "=".

Nah, itu tadi cara penulisan Variabel di PHP, nah, disini saya akan berikan sebuah contoh pengguaan tanda dolar "$" dan kemudian di lanjutkan dengan nama dari variabelnya, misalnya :

index.php
<?php
$nama = "Abdul Hafid Gunawan"; $umur = 17; $jurusan = "RPL"; echo "Hai ".$nama."<br/>"; echo "Umur Kamu ".$umur."<br/>"; echo "Jurusan Anda ".$jurusan."<br/>"; ?>
 
 Dan hasilnya ketika di jalankan di web browser :
 
Nah, contoh di atas merupakan cara untuk mendefinisikan sebuah variabel, nah untuk menampilkan isi dari variabelnya maka tinggal di tuliskan "echo", nah "echo" disini gunanya untuk menampilkan sebuat text di PHP. Contoh lain yaitu Kita membuat variabel dan mengisikan isi dari variabel tersebut lalu kita akan coba menampilkannya dengan "echo", untuk menampilkan data yang tersimpan / terdapat di variabel tersebut.
index.php
<?php
$nama = "Abdul Hafid Gunawan";
$umur = 17;
?>
Nah, tentunya temen", udah mulai paham kan cara menampilkan sebuah data yang tersimpan di variabel, jd temen" tinggal memanggil nama variabelnya, maka akan keluar / muncul isi dari variabel tersebut. Contoh lain lagi :
index.php
<?php
$nama = "Abdul Hafid Gunawan";
$nama = "Hafid Al-Junayd";
echo $nama;
?>
Ini Scriptnya : 
Dan ini Script tadi jika di jalankan di Web Browser :
Nah, bedanya dari yang di atas ialah kita masih menggunakan sedikit variabel dan tidak menggunakan kata", nah jadi ketika temen" ingin menampilkan seperti gambar di atas, singkatnya, temen" memberi tanda titik "." untuk memisahkan tipe data dengan variabel. Nah, titik di sini berarti penghubung antar kata, data atau kalimat yang di gunakan pada saat menggunakan tipe data dan variabel di jadikan satu penulisan "echo".

KESIMPULAN
Variabel dapat di simpulkan bahwa penyimpan sebuah informasi secara sementara, dan jika ingin menampilkannya temen" menggunakan sebuah perintah yaitu "echo", dan ketika sebuah tipe data di gabungkan dengan sebuah variabel maka temen" membutuhkan sebuah tanda titik ".", untuk menggabungkannya, apakah bisa kalau tanpa tanda titik ?, tidak bisa, bisa temen" coba sendiri.
REFERENSI
1. MasAji
2. CodeSaya
3. MalasNgoding
Previous
Next Post »