WorkShop Bersama Bapak Natan Gusti Ryan ( Virtualisasi dan Data Center).


Binti Qomariah – Assalamu’alaikum teman-teman ..
Kali ini saya akan mensyaringkan materi yang saya dapat dari workshop Bapak Natan Gusti Ryan dan Bapak Heri (rekan Bapak Natan). Untuk materinya kali ini adalah tentang Virtualisasi dan Data Center. Untuk lebih lanjutnya, simak ya ..

A. JUDUL KEGIATAN
    WorkShop Bersama Bapak Natan Gusti Ryan ( Virtualisasi dan Data Center).

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian
    Virtualisasi adalah istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Sedangkan Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.
2. Latar Belakang
    Bapak Natan Gusti Ryan sendiri berasal dari Kalimantan Utara dan pada tahun 1999 di Yogyakarta. Beliau datang ke BLC Telkom karena beliau mampir sekaligus ingin bertemu dengan anak didik Mbah Suro dan ingin menemui Mbah Suro untuk bersilaturahmi, karena sudah lama beliau tidak bertemu dengan Mbah Suro.
3. Maksud dan Tujuan
   Selain ingin bersilaturahmi dengan Mbah Suro, Bapak Natan juga diminta oleh Mbah Suro agar memberi motivasi kepada anak didik Mbah Suro agar menjadi lebih baik. Dan kami juga dikenalkan dengan apa itu virtualisasi dan data center.
4. Hasil yang Diharapkan
    Dapat memahami apa itu virtualisasi dan data center dan dapat membuatnya sendiri dan mengerti cara pembuatannya dan teknik-tekniknya. Selain itu, juga agar kami mengetahui fitur-fitur yang ada pada virtualisasi dan data center.

C. ALAT DAN BAHAN
    -VMWare.
- Komputer/Lptop.
- Operting System (OS) untuk menjalankan virtualisasi.
- Alat-alat yang digunakan untuk data center (misalnya lantai lescure, dinding kaca, AC, Patriot dll).

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
    2,5 jam.

E. TAHAPAN PENGERJAAN/URAIAN
1. Data Center
Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah. Denah ruang data center didesain seperti rumah yang kemudian nanti didalam ruangan tersebut terdapat ruangan lagi yang didesain seperti kamar yang didalamnya terdapat data center.
Di dalam kamar tersebut juga terdapat patriot yaitu alat yang digunakan untuk mendeteksi asap dan memberikan cairan yang disebut dengan liquid. Selain patriot, di dalam kamar tersebut juga terdapat lantai lescure. Lantai lescure itu sendiri adalah lantai yang digunakan khusus untuk data center yang berfungsi untuk menahan beban  hingga dua ton.Lantai lescure dibangun dengan cara disangga menggunakan kaki besi. Sehingga lantai lescure tersebut memiliki lorong dibawahnya.
Lorong tersebut berfungsi untuk memberi jalur pada kabel yang terhubung dengan data center dan sebagai ventilasi udara dan pengatur suhu. Berikut adalah beberapa akses data center, antara lain :
1. Keamanan (security).
2. Lantai lescure.
3. Mempunyai power sendiri.
4. Mempunyai UPS.
5. Standart server umum, minimal 5 network.
Berdasarkan fungsinya, data center dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu:
1. Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.
2. Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.
Di Data Center terdapat beberapa fitur-fitur antara lain report center yaitu fitur yang berfungsi untuk menggabungkan laporan keuangan menjadi satu, ada juga remote server yaitu untuk meremot banyak server yang aplikasinya disimpan di remote desktop.
Keuntungan dari data center antara lain adalah lisensinya hanya satu dan jika kita ingin menggunakan satu data untuk digunakan bersama dengan teman kita, kita hanya membutuhkan satu data saja dan minimal untuk 150 client.
2.  Virtualisasi
Definisi lainnya adalah "sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.
Berikut beberapa jenis virtualisasi, antara lain :
1. Perangkat Keras
2. Perangkat Lunak
3. Memori
4. Pemasaran
5. Data
6. Jaringan
    
F. HASIL YANG DIDAPAT
    Dapat lebih memahami tentang Virtualisasi dan Data Center.

G. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pusat_data
Previous
Next Post »