Bersih-Bersih RSPD Klaten Part 1



Binti Qomariah - Assalamu’alaikum teman-teman ..
Hari ini saya tidak mensyaringkan yang saya dapat hari ini, tetapi saya akan menceritakan pengalaman yang sangat berkesan di BLC Telkom Klaten. Yaitu tentang Gotong Royong Membersihkan BLC Klaten yang baru. Untuk lebih jelasnya simak ya ..

A. JUDUL KEGIATAN
    Bersih-Bersih RSPD Klaten Part 1.

B. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
    Dikarenakan BLC Telkom KPLI-Klaten pindh di RSPD Klaten, maka kami bergotong royong untuk membersihkan tempat belajar kita yang baru. Agar suasana belajar kami tidak terganggu.
2. Maksud dan Tujuan
    Agar belajar kami di BLC Telkom nyaman dan BLC Telkom jika dipandang oleh publik terlihat sangat bersih dan nyaman untuk dijadikan tempat belajar dan bekerja.
3. Hasil yang Diharapakan
    Lingkungan BLC Telkom Klaten yang bersih dan nyaman untuk kegiatan sharing dan belajar.

C. ALAT DAN BAHAN
   - Sapu
   - Pel Lantai
   - Cikrak
   - Sapu Lidi
   - Selang
   - Air
   - Tempat Sampah

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
    3-4 jam.

E. URAIAN KEGIATAN
    Hari ini kami membantu membersihkan gedung yang digunakan sebagai BLC Telkom. Kami mulai membersihkan geduakan kami gung yang  akan kami gunakan untuk kegiatan belajar dan sharing. Kami mulai menyapu lantainya, kemudian mengepelnya.
    Tetapi sebelum itu, tugas kami dibagi oleh Mas Rojez. Untuk laki-laki memindahkan barang-barang dan alat-alat. Sedangkan untuk perempuannya, menata buku bacaan agar terlihat lebih rapi dan sebagian ada yang menyapu dan  mengepel lantai.
    Karena hari ini adalah hari jum'at, maka untuk yang laki-laki break dulu untuk sholat jum'at. Kegiatan ini juga di koordinatori oleh Mas Arif dan teman-temannya. Sebelum mulai membersihkan kami membuat konsep penataan ruangan untuk menaruh server kami.
   Karena kami sedikit bingung, maka kami dibantu oleh Mas Rojez dan Mbah Suro untuk mengkonsep ruangan yang akan dijadikan ruangan server kami. Setelah itu, barulah teman-teman kami yang laki-laki break untuk melaksanakan sholat jum'at.
   Sambil menunggu yang laki-laki selesai sholat jum'at, kami (perempuan) bekerja sama untuk menata buku bacaan. Dalam penataan buku ini, kami juga dibantu oleh Mbah  Suro. Karena penataan buku kami tingginya tidak sama, tumpukan buku yang kami tata tersebut semakin menurun. Mbah Suro pun bilang kepada kami bahwa hal itu menggambarkan bahwa kami tidak konsisten.
   Kemudian kami sadar, ternyata tumpukan buku yang kami tata itu memang tidak sama tingginya dan semakin menurun. Kemudian kami diberi teknik oleh Mbah Suro untuk menumpuk buku di awal barisan, tengah barisan dan akhir barisan. Tumpukan buku tersebutlah  yang menjadi patokan agar tumpukannya bisa rata. Hal itu juga mencerminkan bahwa kita hidup harus mempunyai tujuan dan target kedepannya, agar bisa menjadi orang yang konsisten. Sama seperti halnya buku yang kami tata tersebut. Kemudian kita mulai menata ulang lagi buku-buku tersebut dan tentunya sesuai dengan yang diajarkan oleh Mbah Suro.
   Jam menunjukkan pukul 13.00, teman-teman kami yang laki-laki sudah selasai sholat jum'at dan sudah selesai istirahat. Kemudian mereka mulai ikut membantu kami. Ada yang memasang LCD Proyektor, ada yang menata PC dan masih banyak lagi.
  Kegiatan itu, kami laksanakan dengan hati ikhlas dan senang. Dan tentunya kami tidak mengeluh. Cukup itu saja yang bisa saya ceritakan untuk lebih lanjutnya tunggu ya, kelanjutan bersih-bersih kami. Karena kegiatan ini belum berhenti sampai disitu.

F. FOTO KEGIATAN







G. HASIL YANG DIDAPATKAN
Gedung BLC Klaten yang bersih.

H. KESIMPULAN
Sesulit dan sebanyak apapun pekerjaan kita jika dikerjakan secara bergotong royong dengan teman-teman kita maka pekerjaan itu akan terasa lebih ringan.
Melalui kegiatan ini, kita bisa belajar tentang leadership, tanggung jawab, bekerjasama dengan teman-teman yang lain dan belajar bekerja dengan ikhlas.

Previous
Next Post »