Pengenalan HTML


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman .. Apa kabar ?
Kali ini saya akan mengenalkan tentang HTML. Apa sih yang dimaksud dengan HTML ?. Simak ya ..

1. Pengertian
    Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markup yang umum digunakan untuk membuat halaman web. Sebenarnya HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Apabila di tinjau dari namanya, HTML merupakan bahasa markup atau penandaan terhadap sebuah dokumen teks. Tanda    tersebut di gunakan untuk menentukan format atau style dari teks yang ditandai. HTML dibuat oleh Tim Berners​ Lee ketika masih bekerja untuk    CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

2. Pengenalan dan Struktur HTML
    HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun, setiap bahasa pemrograman akan bersanding dengan HTML sebagai syarat sebuah Website    dapat ditampilkan menjadi sebuah situs.
Mari kita memulai belajar HTML. Silahkan Buka Text Editor yang telah disiapkan sebelumnya seperti Sublime Text, Atom Notepad++ atau yang lainnya, kemudian ketik code di bawah ini. Ingat ya... Mengetik bukan Copy    Paste.

<!DOCTYPE    html>
<html>
        <head>
                <meta    charset="utf-8">
                <title>BELAJAR    HTML</title>
        </head>
        <body>
        </body>
</html>

Ketik code di atas di folder localhost anda. setelah itu simpan dengan nama         index.html     .
Kemudian panggil localhost dari browser favorit anda dan sertkan nama folder  dimana letak index.html disimpan. Apabila berhasil memanggil localhost dan    nama folder, maka file Index akan dibaca otomatis  oleh browser. ketik di url    browser : localhost/namafolder . 
Sebagai informasi bahwa Index adalah halaman paling awal dipanggil dalam    sebuah  Sistem berbasis    website. Setelah anda buka dari Browser, code tersebut tidak terlihat langsung pada tampilan Browser kecuali anda melihat    dengan fitur View Page Source dari Browser.
Namun coba diamati pada Title Bar Browser, terdapat Text "BelajarHTML".    Lalu apa maksud code HTML? Mari kita bahas satu per satu.
Dimulai dari paling atas yaitu <!DOCTYPE    html> , adalah tag pada HTML yang disampaikan kepada Browser bahwa File yang dibuka adalah file HTML.    Dari <!DOCTYPE html> yang diinformasikan ke browser tersebut dilanjut dengan tag Pembuka dan Penutup dari HTML itu sendiri yaitu <html> </html>. Di dalam tag Pembuka dan Penutup tersebut diisilah code guna membentuk kerangka sebuah website.
Pembentukan kerangka diawali dengan <head></head> yang berfungsi untuk
mendefinisikan sebuah halaman website. Pada <head></head ini biasanya diisi
pemanggilan code Javascript, atau CSS guna mempercantik halaman sebuah website. Untuk lebih detailnya tentang code Javascript dan CSS akan dibahas pada BAB selanjutnya.
<title><title> memberi judul pada halaman yang telah kita buat. Nah, dari sinilah asal judul "BELAJAR    HTML" yang tertera pada jendel browser.   Kemudian pada <body> </body> tempat mengolah objek sepert gambar,  audio, video, ataupun file lain,  juga membentuk sebuah fungsi seperti membuat form, daftar pilihan, tabel, dsb. Untuk Sub Bab selanjutnya kita akan lebih banyak bermain di <body></body>     .
oh    ya..    dari tadi menyebut istilah tag. apa itu tag? tag adalah code khusus dalam HTML yang berupa <    > dimana dalam pemanggilan code tersebut biasanya berpasangan <> dan </> .

Oke, teman-teman saya kira itu saja yang dapat saya bagikan ke kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung diblog saya. Selamat belajar ..
Previous
Next Post »