Memahami Topologi Dasar

Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman. Kali ini kita akan belajar mengenai Topologi Dasar dalam jaringan. Kita wajib mengetahui dan memahami topologi ini, karena ini adalah bagian paling dasar dari sebuah topologi sebelum kita mempelajari lebih jauh lagi tentang topologi yang lain. Langsung aja yuk ..

1. Pengertian
    Sebelumnya, kalian tahu nggak sih apa itu topologi ?
    Topologi adalah struktur jaringan fisik yang digunakan untuk mengimplementasikan sebuah LAN.

2. Jenis-Jenis Topologi
  • Topologi Bus : Topologi yang diimplementasikan menggunakan media fisik berupa kabel koaksial
  • Topologi Ring : Merupakan bus jaringan yang ujung-ujungnya dipertemukan kembali sehingga membentuk suatu lingkaran, setiap informasi yang diperoleh diperiksa alamatnya oleh terminal yang dilewati.
  • Topologi Tree : Merupakan perpaduan antara topologi Bus dan Star, yang terdiri dari kelompok-kelompok dari workstation konfigurasi bintang yang terkoneksi ke kabel utama yang menggunakan topologi Bus.
  • Topologi Mesh : Topologi ini juga disebut sebagai jaring, karena setiap komputer akan berhubungan pada tiap-tiap komputer yang tersambung. Topologi ini jarang sekali diterapkan dalam LAN karena alasan pemborosan kabel dan sulitnya instalasi, selain itu juga sulit mendeteksi keamanannya. Biasanya model ini diterapkan pada WAN atau internet sehingga disebut sebagai topologi Web.
  • Topologi Star :
    Topologi ini didesain di mana setiap node (file server, workstation dan perangkat lainnya) terkoneksi ke jaringan melewati sebuah hub atau konsentaror. Data yang terkirim ke jaringan akan melewati hub/konsentrator sebelum melanjutkan ke tempat tujuannya. Hub ataupun konsentrator akan mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. dia juga bertindak sebagai repeater/penguat aliran data. Konfigurasi pada jaringan model ini menggunakan kabel twisted pair, dan dapet digunakan bersama kabel koaksial atau kabel fiber optic.
3. Contoh Topologi Yang Wajib Kita Pahami

   
Uraian :
Internet wireless akan mengirimkan ISP ke router, kemudian router akan mengirimkan koneksi ke server, switch, tower dan access point. Kemudian switch akan mengirimkan koneksi ke client. Sehingga client dapat mengakses internet. Topologi ini cocok digunakan di perkantoran, sekolah dan lembaga-lembaga lainnya.

Hanya itu saja yang dapat saya bagikan di blog saya kali ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Terimakasih ..

Previous
Next Post »