Materi RPL




Binti Qomariah - Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membagikan materi-materi RPL yang saya pelajari tadi malam di BLC Telkom-KPLI Klaten. Silakan di simak.


A. Pendahuluan
    Sebelum itu, apa saja sih materi-materi RPL itu ??. Materi-materi yang akan saya bahas kali ini antara lain bahasa pemrograman,perancangan das, pengenalan framework, pengenalan dan optimasi cms, dan sharing. Kemudian materi-materi tersebut dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Untuk lebih mengenal dan memahaminya mari kita simak ulasan berikut ini.
1. Latar belakang
     Sebelum kita menginjak ke praktek kita harus tahu dasar-dasar materi RPL terlebih dahulu. Agar pada saat menginjak ke praktek kita tidak kebingungan dengan apa yang pada saat ini sedang kita kerjakan.
2. Maksud dan tujuan
    Agar kita memahami pengertian dan fungsi dari masing-masing materi RPL.
3. Hasil yang diharapkan
    Dapat memahami fungsi dari masing-masing materi RPL.


B. Uraian
    1. Bahasa Pemrograman
        a. PHP
           Adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat     ini. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain
       b. HTML
           HTML adalah bahasa markup internet (web) berupa kode dan simbol yang dimasukkan kedalam sebuah file yang ditujukan untuk ditampilkan didalam sebuah website. Singkatnya, HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat website. Website yang dibuat dengan HTML ini, dapat dilihat oleh semua orang yang terkoneksi dengan internet. Tentunya dengan menggunakan aplikasi penjelajah internet (browser) seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. 

           Adapun fungsi dari Html, antara lain :

  • Untuk Membuat Halaman Web. Bahasa HTML digunakan untuk membuat     halaman web. Semua halaman web pasti dibuat dengan menggunakan HTML. 
  • Sebagai Pondasi Bagi Sebuah Website. Sebuah rumah jika tidak memiliki pondasi maka akan cepat roboh. Begitu juga dengan website. Jika tidak memiliki HTML sebagai pondasi, kita tidak dapat mengimplementasikan bahasa lainnya seperti CSS (bahasa untuk mendesain website), Javascript (bahasa untuk menambah prilaku website), dan PHP (bahasa pemrograman server website).  
  • Untuk menandai teks pada halaman web. Misalnya, kita dapat menandai sebuah teks menjadi bergaris bawah dengan menggunakan tag html <u>.Untuk menandai elemen/bagian pada halaman web. Sebuah website memiliki beberapa bagian seperti header, navigasi, main dan footer. Kita dapat menandai setiap bagiannya dengan HTML. 
  • Untuk menampilkan informasi dalam bentuk tabel.Untuk menambahkan objek seperti audio, video, gambar, dll dalam halaman web. 
  • Untuk membuat online form. 
       c. Java Script
         JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan di sisi klien. Jikakita berbicara dalam konteks web, sederhananya kita dapat memahami JavaScript sebagaibahasa pemrogrmana yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halamanweb menjadi lebih hidup. Jika dilihat dari suku katanya, JavaScript terdiri dari dua kata, yaituJava dan Script. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek, sedangkan Scriptadalah serangkaian instruksi program.JavaScript adalah bahasa script (bahasa pemrograman yang dapat memegang kontrolaplikasi) yang berbasis pada bahasa pemrograman Java. Namun JavaScript bukanlah bagiandari teknologi Java dari Sun. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek murni,sedangkan JavaScript digunakan secara prosedural. Cara kerja JavaScript adalah mengakseselemen pada HTML dan membuat aksi jika elemen-elemen HTML itu mengalami perubahan,misalnya berubahnya warna halaman web begitu sebuah tombol diklik. JavaScript membuatsebuah halaman web menjadi lebih dinamis.
        d. C++
           C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Evano Christian Posumah (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B.Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
     2. Perancangan Das
         a. Logika Matematika (Gerbang Logika)
            
Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.
         b. Perancangan Database
            
Basis data atau disebut juga database, terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data, secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data-data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Selain itu, untuk mengelola dan memanggil query basis data agar dapat disajikan dalam berbagai bentuk yang dibutuhkan perangkat lunak yang disebut Sistem Manajement Basis Data atau disebut juga Sistem Database Management System (DBMS). Penggabungan Sistem Database Management System (DBMS) dengan Basis Data akan membentuk satu kesatuan yang disebut Sistem Basis Data. System Basis Data adalah suatu system penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan computer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.

       3. Pengenalan Framework
          a. Laravel
             
Adalah sebuah framework PHP yang dirilis dibawah lisensi MIT, dibangun dengan konsep MVC (model view controller). Laravel adalah pengembangan website berbasis MVP yang ditulis dalam PHP yang dirancang untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan mengurangi biaya pengembangan awal dan biaya pemeliharaan, dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dengan menyediakan sintaks yang ekspresif, jelas dan menghemat waktu.
         b. Slim
             
Adalah micro framework menggunakan bahasa pemrograman PHP.

       4. Pengenalan dan optimasi cms
          a. Wordpress
             
Adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
          b. Drupal
              Adalah aplikas open source yang merupakan gabungan dari aplikasi cms dan framework dan memiliki fungsi sama seperti fungsi dari fremework lainnya.

       5. Sharing
           a. Git
             
Adalah version control system yang digunakan para developer untuk mengembangkan software secara bersama-bersama. Fungsi utama git yaitu mengatur versi dari source code program anda dengan mengasih tanda baris dan code mana yang ditambah atau diganti.
          b. Google Drive
            
Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.
C. Referensi
    http://id.wikipedia.org/wiki/C%2B%2B    
   
yanaapr12.blogspot.com/.../pengertianperbedaan-htmlcssjavascript..
   
widyamulya98.blogspot.com/.../pengertian-dan-perbedaan-bahasa-...  
D. Penutup

    Mungkin hanya itu yang saya pelajari, semoga ilmu yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih sudah menyimak .. !!
Previous
Next Post »