Mengenal DE (Desktop Environtment)


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman teman
Kali ini saya akan mensharingkan tentang DE (Desktop Environtment). Bagi anda pengguna linux tentu sudah tidak asing dengan istilah Desktop Environment (DE). Desktop environment adalah sebuah antarmuka grafis (Graphical User Interface) pada desktop sistem operasi anda. Dalam linux terdapat berbagai macan jenis desktop environment, beberapa yang banyak digunakan oleh pengguna linux di indonesia antara lain GNOME, KDE, LXDE & Xfce.

A. JUDUL KEGIATAN
    Mengenal DE (Desktop Environtment).

B. PENDAHULUAN
a. Pengertian
    Lingkungan desktop adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (command line interface) (CLI) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer.
b. Latar Belakang
    Sebagai pengguna linux, kita wajib mengetahui apa yang dimaksud dengan desktop environtment dan jenis-jenisnya.
c. Maksud dan Tujuan
    Lebih mengenal tentang desktop environtment.
d. Hasil yang Diharapkan
    Dapat memahami tentang desktop environtment beserta macamnya.

C. ALAT DAN BAHAN
- Laptop atau Komputer.

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
    Kurang lebih dua sampai tiga jam.

E. TAHAPAN PENGERJAAN/URAIAN
    Desktop Environment ini juga bisa dibilang sebagai pengganti antarmuka baris perintah (Command Line Interface). Dalam linux, kita dapat mengubah jenis desktop environment yang kita gunakan sesuai dengan selera masing-masing pengguna. Nah, untuk lebih mengenal pelbagai jenis desktop environment yang mungkin sesuai dengan selera anda, berikut kami tuliskan penjelasan umumnya:
1. KDE
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech.
2. GNOME
GNOME (atau GNU Network Object Model Environment) merupakan sebuah ‘computer desktop environment‘ untuk sistem operasi UNIX dan UNIX-like seperti Linux, BSD dan Solaris.
3. Xfce
Xfce adalah sebuah desktop yang kencang dan ringan untuk sistem operasi Linux. Dirancang untuk produktifitas dan sangat mudah dikonfigurasi dengan tetap mengikuti spesifikasi Freedesktop.
4. LXDE
LXDE, Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat.
F. HASIL YANG DIPEROLEH
    Memahami tentang desktop environtment.

G. TEMUAN PERMASALAHAN
     Untuk DE ini belum ada permasalahan yang muncul.

H. KESIMPULAN
     Dalam linux, kita dapat mengubah jenis desktop environment yang kita gunakan sesuai dengan selera masing-masing pengguna. Hal ini bisa dilaksanakan karena desktop environment pada linux biasanya bersifat open source.

I. REFERENSI
Previous
Next Post »