PHP OOP : Mengenal Self dan Parent (Scope Resolution)


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman.
Hari ini saya akan mensyaringkan materi yang saya peroleh kali ini mengenai Scope Resolution tepatnya pada Self dan Parent. Nah, mungkin Scope Resolution ini memang masih asing di telinga kita. Maka dari itu untuk menutup rasa keingintahuan kita, mari kita bahas bersama-sama.

A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Scope Resolution Operator atau biasa disebut “Paamayim Nekudotayim” atau sering juga disebut “double colon”. Scope Resolution Operator dalam OOP pada PHP biasa digunakan untuk mengakses property dan method pada suatu class tanpa harus instansiasi class yang ingin digunakan
2. Latar Belakang
Melanjutkan materi PHP OOP.
3. Maksud dan Tujuan
Memahami kegunaan dari Self dan Parent.
4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat memahami kegunaan dari Self dan Parent.

B. URAIAN
Scope Resolution Operator atau biasa disebut “Paamayim Nekudotayim” kadang juga disebut “double colon”. Scope Resolution Operator dalam OOP pada PHP biasa digunakan untuk mengakses property dan method pada suatu class tanpa harus instansiasi class yang ingin digunakan. Pada bahasan Scope Resolution Operator kita akan mengenal keyword {parent, self, dan static}. Tetapi kali ini kita akan membahas hanya mengenai self dan parent-nya saja.
Nah, sebenarnya, keyword parent dan self ini masih dari golongan inheritance atau yang biasa disebut dengan pewarisan. Keyword Parent akan memanggil fungsi dari parent-nya itu sendiri. Sedangkan self akan memanggil fungsi yang ada pada dirinya sendiri.
Untuk penulisan 2 keyword ini, kita harus menuliskan dengan memberi tanda titik dua (::) setelah penulisan parent maupun self, kemudian diikuti dengan methode-nya.

C. KESIMPULAN
Self dan parent ini juga berfungsi untuk mengakses properti, tetapi bedanya kita mengakses melalui scope resolution dan mengakses seperti biasanya adalah dengan menggunakan scope resolution ini kita dimudahkan dalam pengaksesan property yaitu dapat mempersingkat scipt.

D. HASIL YANG DIDAPATKAN
Memahami fungsi dari self dan parent.

E. REFERENSI
http://www.adiputra.web.id/oop-pada-php-pengenalan-scope-resolution-operator/
Previous
Next Post »