Pola Alur PHP Native


Binti Qomariah - Assalamualaikum wr.wb
Kali ini saya akan mensyaringkan mengenai Pola alur pada PHP Native. Yuk simak.

PENGERTIAN
Pola adalah bentuk atau model (atau, lebih abstrak, suatu set peraturan) yang bisa dipakai untuk membuat atau untuk menghasilkan suatu atau bagian dari sesuatu, khususnya jika sesuatu yang ditimbulkan cukup mempunyai suatu yang sejenis untuk pola dasar yang dapat ditunjukkan atau terlihat, yang mana sesuatu itu dikatakan memamerkan pola. Deteksi pola dasar disebut pengenalan pola. Pola yang paling sederhana didasarkan pada repetisi: beberapa tiruan satu kerangka digabungkan tanpa modifikasi.
Sedangkan alur adalah sebuah rangkaian suatu kegiatan yang terdapat dalam pola tersebut.

LATAR BELAKANG
Dikarena kita harus mengetahui bagaimana alur kerja dari program yang kita buat, maka kita harus mengetahui konsep pola tersebut.
Karena tidak mungkin kita akan membuat program apabila kita tidak mengetahui alur kerja dari pola tersebut. Kita harus mengetahui bila yang kita buat pola insert misalnya, apa saja yang diproses didalamnya


MAKSUD DAN TUJUAN
Mengerti alur kerja program
Mengetahui proses yang terjadi disetiap query

HASIL YANG DIHARAPKAN
Mengerti dan memahami pola dan proses yang terjadi di setiap query.
ALAT DAN BAHAN 
PC 

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
-/+ 5 meni.
URAIAN
  • Kita pahami mengenai INSERT data dahulu, bagaimana alur kerjanya
  • Prosesnya seperti berikut. Disini saat proses_input mengalami retrive data dahulu yakni mengambil data dari form. Setelah itu masih di validasi, data yang masuk berupa bolean, jadi melihat data yang masuk true/false. Lalu, baru muncul notifikasinya.
  • Lanjut ke UPDATE data, alur kerjnya sebagai berikut
  • Prosesnya harus melewati 2 query. Disini harus melewati proses yang pertama yakni proses tampil. Di proses tambil data bisa berupa object bolean, array. setelah itu masih di sortir dahulu maksudnya di ganti tampilannya. Misalkan dari sebuah angka menjadi string, baru ditampilkan.
  • Baru mengalami pada proses update. Di sini mengalami retrive data yakni mengambil data dari form. akan tetapi masih di validasi.
  • Kemudian ke DELETE data, disini kita menggunakan syarat tertentu
  • Prosesnya berupa. Disini data diretrive dari form. akan tetapi diambil menurut persyaratan yang telah dibuat. yakni menurut primary key nya. Baru di query, apakah data bernilai true/false,setelah itu baru ada record yang terhapus.
  • Terakhir READ/MENAMPILKAN data 
  • Alur prosesnya seperti berikut. Di sini proses yang terjadi adalah data berupa object, array atau lain sebagainya, lalu di sortir. Barulah ditampilkan.

KESIMPULAN
Setiap tahap disana terjalankan beberapa proses. Tidak langsung di eksekusi.
HASIL YANG DIPEROLEH 
Sudah bisa memahami mengenai pola dari PHP Native.
REFERENSI
AjiKamaludin/BLC Telkom Klaten
Previous
Next Post »