PHP OOP : Mengenal Methode Set dan Get


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman,
Untuk hari kita akan melanjutkan belajar kita mengenai PHP OOP. Tepatnya pada bagian Methode Set dan Methode Get. Oke, langsung kita bahas saja ya.

A. PENGERTIAN
Methode set ini merupakan methode yang digunakan untuk memasukkan atau mensetting nilai atau value dari sebuah class. Sedangkan methode get merupakan sebuah methode yang digunakan untuk mengambil nilai atau value yang sebelumnya sudah kita setting property-nya.

B. LATAR BELAKANG
Hari ini merupakan lanjutan dari hari kemarin, karena kemarin kita sudah mengenal methode, class, property dan object, maka sekarang sudah waktunya untuk mempelajari tentang methode set dan get.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memahami yang dimaksud dengan methode set dan get.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan mengerti dan tahu tentang penggunaan set dan get beserta fungsinya.

E. URAIAN
Sebenarnya, methode set dan methode get ini sama dengan methode-methode yang lainnya. Nah, contoh untuk penulisan methode set dan get itu sendiri adalah sebagai berikut :
<?php

class buah{
   
    public $warna;
    public $nama;

    //metode set dan get
    //set dulu baru get
    //set memasukkan nilai
    //get megambil nilai
    //set : mengubah nilai dari property/class
    public function set_warna($warna){
        $this->warna=$warna;
    }
    public function get_warna(){
        return $this->warna;
    }
}

//set tanpa echo
//set nilai harus diisi
//get pakai echo
//get nilai tidak diisi
$buah1= new buah;
$buah1->set_warna('merah');
echo ' Warna Buahnya ' . $buah1->get_warna();

?>
Nah, disini kita punya class Buah. Kemudian, Buah ini memiliki warna dan nama. Disini kita akan mensetting warna buahnya. Kita mensetting warna Buah dengan nama set_warna. Nama set_warna ini sebenarnya sesuai dengan keinginan kita tapi yang lebih umum digunakan dan lebih mudah untuk membedakan antara method biasa, method set dan method get. Method set disini memiliki parameter $warna, parameter inilah yang digunakan untuk value. Jadi, di parameter ini kita mensetting warna. Dan didalam set_warna ini terdapat $this->warna = $warna;. Maksud dari $this-> ini adalah untuk memanggil atau mengakses di dalam class atau mengakses dirinya sendiri.
Kemudian kita beralih ke methode get. Di methode get ini, kita hanya akan mengambil nilai atau value dari setnya saja. Penulisannya sama seperti methode set tadi. Tetapi methode get ini berisi return $this->warna;, dimana return ini hanya akan mengembalikan nilai dari set itu sendiri.
Dan terakhir kita akan mengakses atau memanggil methode set dan methode get. Pengaksessan ini dilakukan dengan cara kita harus membuat objectnya terlebih dahulu dengan atribut "new", misalnya $buah1. Kemudian kita ambil nama objectnya yaitu $buah1 kemudian diikuti dengan -> dan set_warna. Diparameter set_warna kita isi valuenya misalnya merah. Dan terakhir kita echo methode getnyam, dengan menuliskan $buah1->get_warna();. Jangan lupa untuk memberi () pada method dan jangan lupa untuk memberi ;.

F. HASIL YANG DIDAPA
Dapat memahami dan membuat methode set dan get

G. KESIMPULAN
Methode set digunakan untuk mensetting nilai atau value dari claas. Sedangkan methode get digunakan untuk mengambil nilai yang sudah di setting.

H. REFERENSI
- Mas Aji BLC Telkom Klaten
- RPL BLC Telkom Klaten
Previous
Next Post »