Apa itu Location Based Service (LBS) ?

A. PENGERTIAN
Location Based Service (LBS) adalah layanan atau service yang dapat menentukan letak atau lokasi kita sesuai dengan perubahan entitas posisi kita.

B. LATAR BELAKANG
Banyak orang yang tanpa sadar sudah menggunakan layanan ini melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia, misalnya saja GoJek, UberMotor, Grab dan lain sebagainya. Nah, disini semua orang hanya tahu dengan kemudahannya saja, lalu mengapa driver dari ojek online tersebut dapat mengetahui lokasi kita dan kenapa bisa seperti itu ?. Untuk mengetahui jawabannya akan kita bahas di URAIAN nanti.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Seorang programmer, harus tahu perkembangan teknologi pada zaman ini. Teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah Location Based Service, maka dari itu mari kita bahas bersama-sama.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami yang dimaksud dengan Location Based Service.

E. URAIAN
Definisi Location Based Service
Location based service adalah layanan atau service yang dapat menentukan letak atau lokasi kita sesuai dengan perubahan entitas posisi kita. Agar LBS ini bisa berfungsi, maka kita membutuhkan Mobil Positioning atau yang biasa kita kenal dengan GPS.

Prinsip Location Based Service
LBS termasuk dalam kategori teknologi yang sama dengan geographic information system (GIS), dan aplikasi global positioning system (GPS), yaitu dikenal dengan teknologi geospatial. Teknologi ini terdiri atas perangkat untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna terhadap sistem koordinat bumi. Sedangkan GIS menurut wikipedia itu sendiri adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database
Keberadaan aplikasi LBS merupakan hasil penggabungan dari tiga buah teknologi yaitu New Information and Communication Technologies (NICTS), internet, dan GIS dengan menggunakan database spasial. Teknologi LBS ini terdiri atas perangkat-perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan data dan informasi berdasarkan pada sistem koordinat geographic bumi secara realtime. Identifikasi kordinat pengguna memungkinkan aplikasi LBS untuk menyediakan layanan bagi pengguna perangkat mobile. Untuk memungkinkan layanan LBS tersebut, dibutuhkan empat elemen besar untuk mentransmisikan informasi spesifik kepada penggunanya.Location-Based Service yang menjadi salah satu fitur dalam reminder system ini memiliki pengertian yaitu layanan informasi yang dapat diakses menggunakan piranti mobile melalui jaringan internet dan seluler serta memanfaatkan kemampuan penunjuk lokasi pada piranti mobile. LBS dibagi dua, yaitu :

  1. “Process location data in a server and deliver results to the device”, proses lokalisasi datanya di server dan terus hasilnya dikirim ke perangkatnya.
  1. “Obtain location data for a device application that uses it directly”, memperoleh lokasi data dari perangkatnya langsung.

Komponen Location Based Service
1. Piranti Mobile
Piranti ini berfungsi sebagai alat bantu (tool) bagi pengguna untuk meminta informasi. Hasil dari informasi yang diminta dapat berupa teks, suara, gambar dan lain sebagainya. Piranti mobile yang dapat digunakan bisa berupa PDA, smartphone, laptop. Selain itu, piranti mobile dapat juga berfungsi sebagai alat navigasi di kendaraan seperti halnya alat navigasi berbasis GPS.
Komponen ini berfungsi sebagai jalur penghubung yang dapat mengirimkan data-data yang dikirim oleh pengguna dari piranti mobile-nya untuk kemudian dikirimkan kepenyedia layanan dan kemudian hasil permintaan tersebut dikirimkan kembali oleh penyedia layanan kepada pengguna.
3.Komponen Positioning (Penunjuk Lokasi)
Diperlukan komponen yang berfungsi sebagai pengolah/pemroses yang akan menentukan posisi pengguna layanan saat itu. Posisi pengguna tersebut bisa didapatkan melalui jaringan komunikasi mobile atau juga menggunakan Global Positioning System (GPS).
4. Penyedia layanan dan konten (Service and Content Provider)
Penyedia layanan tidak selalu menyimpan seluruh data dan informasi yang diolahnya. Karena bisa jadi berbagai macam data dan informasi yang diolah tersebut berasal dari pengembang/pihak ketiga yang memang memiliki otoritas untuk menyimpannya. 


2. Jaringan Komunikasi
Cara Kerja Location Based Service





  1. Anggaplah sekarang fungsi pencarian telah diaktifkan, posisi pengguna sebenarnya dari perangkat mobile diperoleh dari Positioning Service. Hal ini dapat dilakukan baik oleh perangkat menggunakan GPS sendiri atau layanan posisi jaringan yang berasal dari provider(Cell Tower). Setelah itu perangkat mobile pengguna mengirimkan permintaan informasi, yang berisi tujuan untuk mencari dan mengirimkan posisi melalui jaringan komunikasi ke gateway
  2. Gateway memiliki tugas untuk bertukar pesan di antara jaringan komunikasi selular dan internet. Oleh karena itu dia mengetahui alamat web dari beberapa aplikasi server dan rute permintaan ke spesifik server Gateway akan menyimpan juga informasi tentang perangkat mobile yang telah meminta informasi
  3. Aplikasi server membaca permintaan dan mengaktifkan layanan yang terkait.
  4. Kemudian, service menganalisis lagi pesan dan memutuskan mana informasi tambahan selain criteria pencarian (restoran + padang) dan posisi pengguna diperlukan untuk menjawab permintaan pengguna. Dalam kasus ini service akan menemukan bahwa pengguna membutuhkan informasi tentang restoran dari database yellow pages pada wilayah tertentu dan kemudian service  tersebut akan meminta penyedia data untuk memberikan data tersebut
  5. Selanjutnya service akan menemukan bahwa informasi tentang jalan, jarak dan cara yang diperlukan untuk memeriksa apakah restoran dapat dicapai
  6. Setelah sekarang semua informasi service akan melakukan buffer spasial dan query routing untuk mendapatkan beberapa restoran terdekat. Setelah menghitung daftar restoran terdekat, hasil dikirim kembali ke pengguna melalui internetgateway dan jaringan mobile.
  7. Kemudian, informasi mengenai restoran akan disampaikan kepada pengguna baik dalam bentuk peta digital.

F. HASIL YANG DIDAPAT
Dapat memahami cara kerja dari LBS.

G. KESIMPULAN
LBS ini sangat diperlukan untuk pengembangan aplikasi. Service ini juga dapat mempermudah kita untuk melakukan kegiatan kita sehari-hari termasuk untuk memantau keadaan alam.

H. REFERENSI
http://dnakreatif.com/mobile/definisi-location-based-services-lbs/
Previous
Next Post »