Perbedaan require(), require_once, include() dan include_once

Image result for php require dan include

Binti Qomariah - Mungkin sebagian dari sobat yang baru belajar php, seperti saya ini, masih bingung atau bahkan tidak paham dengan perbedaan dari require dan include. Memang include dan require memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memanggil syntax php dari file lain. Lalu apa bedanya include dan require?. Selain itu, jika keduanya di tambah dengan _once, apa yang akan terjadi ?. Oke, kita bahas bersama-sama, ya ..

A. PENGERTIAN
Include dan require merupakan syntax php yang digunakan untuk memanggil script php dari file lain.

B. LATAR BELAKANG
Sebagian dari orang-orang, saya maupun sobat sendiri mungkin masih bingung atau bahkan tidak tahu perbedaan antara include dan reqiure.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memahami perbedaan antara include, require, include_once dan require_once.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami perbedaan antara include, require, include_once dan require_once.

E. URAIAN

Perbedaan include() dan require()

Fungsi include() akan menyertakan dan mengevaluasi seluruh program yang ada di file yang disertakan. Jika terdapat error pada program yang disertakan, maka error akan ditampilkan di layar. Dan jika file yang disertakan ternyata tidak ditemukan (mungkin karena lokasi yang salah atau memang file tidak ada), maka program selanjutnya (setelah include) akan tetap dijalankan walaupun ditampilkan error.
Perintah require() pada dasarnya sama dengan perintah include(). Perbedaannya hanya terletak pada saat file yang disertakan tidak ditemukan, maka perintah-perintah selanjutnya tidak akan dijalankan. Jika file yang tidak ada dijalankan maka hanya akanterjadi error dan program tidak di jalankan.

Perbedaan include_once dan require_once

Penambahan akhiran _once baik pada include maupun require akan memastikan bahwa file yang disertakan hanya dieksekusi sekali saja, walaupun file disertakan beberapa kali. Sebaliknya tanpa akhiran _once penyertaan file yang sama beberapa kali mungkin akan menyebabkan error.

F. HASIL YANG DIDAPAT
Mengetahui perbedaan antara require, require_once, include dan include_once.

G. KESIMPULAN
Mungkin kita bingung harus menggunakan perintah yang mana. Nah, untuk penggunaannya, gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Saat kita akan menyertakan file yang memang harus dipastikan bahwa program pada file tersebut harus berjalan dengan baik sebelum bagian program yang lainnya, ya gunakanlah fungsi require. Sebaliknya, saat file yang disertakan tidak mempengaruhi jalannya program yang lainnya, kita bisa menggunakan fungsi include. Sementara itu, penggunaan include_once atau require_once lebih disarankan untuk memastikan bahwa file yang disertakan tidak dieksekusi lebih dari sekali.

H. REFERENSI
Previous
Next Post »