Menambahkan Fitur Chat di Blog Menggunakan Tawk.to


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum sobat, hari ini saya akan membagikan tutorial mengenai penambahan fitur chat pada blogger sobat menggunakan aplikasi tawk.to. Apa itu tawk.to ?. Silakan disimak pada penjelasan dibawah ini.

A. PENGERTIAN
Tawk.to adalah aplikasi chat gratis yang digunakan untuk menghubungkan pengunjung website dengan administratornya.

B. LATAR BELAKANG
Tawk.to , ya ini adalah aplikasi atau fitur chat gratis  yang akan menghubungkan sobat dengan pengunjung website / toko online sobat. Dengan fasilitas yang super komplit sobat bisa memantau siapa saja pengunjung website ( artikel yang dibaca, negara asal pengunjung)  saat itu juga, mudah dioperasikan dipc , laptop bahkan di smartphone sobat sekalipun, fitur ini bisa terintegerasi dengan wordpress, blogspot, Joomla, magento dan lain-lain.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan adanya fitur chat ini kita dapat dengan mudah berkomunikasi mengenai apa saja mulai dari pershabatan, pekerjaan, pelajaran bahkan sampai dengan hal pribadi sekalipun.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat menambahkan fitur chatting di website atau blog kita.

E. ALAT DAN BAHAN
- Koneksi Internet
- Laptop, Smartphone atau yang lainnya

F. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
+/- 5-10 menit.

G. LANGAKAH-LANGKAH
1. Search di browser dengan alamat URL tawk.to. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini :


Kemudian daftarkan akun sobat dengan mengisi nama, email, dan password untuk masuk ke menu admin. Kemudian klik SIGN UP FOR FREE.
2. Setelah di SIGN UP akan muncul tampilan seperti ini :


Di step ini, sobat diberi instruksi untuk memilih bahasa yang akan sobat gunakan di halaman administratornya nanti. Jika sudah dipilih, klik Setup Later.
3. Langkah selanjutnya muncul tampilan Site Details seperti ini :


Di step 2 ini, sobat diinstruksikan untuk mengisi nama sobat dan alamat URL yang akan sobat tambahkan fitur tawk.to. Jika sudah klik Next.
4. Lanjut ke Step 3. Di Step 3 ini, sobat diinstruksikan untuk mengisi alamat email yang akan sobat jadikan admin. Jika disini yang menjadi admin adalah sobat sendiri, pada step ini sobat bisa langsung klik Next.


5. Langkah selanjutnya, sobat akan diberi tampilan Install Widget seperti ini :


Di halaman tersebut, ada code untuk mengembed atau menempelkan fitur chatting. Di step ini langsung klik Next saja.
6. Langkah terakhir, sobat di beri instruksi untuk mengedit tampilan chatting. Pada step ini, sobat bisa melewatinya karena pada step ini juga bisa sobat lakukan di halaman administrator.


7. Dan ini adalah halaman administrator atau dashboard administrator.


8. Kemudian, untuk mengembed kan aplikasi chatting ini, silakan buka blogger sobat pilih Tata Letak. Kemudian pilih Tambahkan Widget dimanapun terserah sobat. Pilih HTML/JavaScript dan copy paste kan code yang ada di tawk.to ke konten HTML/JavaScript. Kemudian Klik Simpan.



9. Selesai

H. HASIL YANG DIDAPAT
Dapat menambahkan fitur chatting di Blogger kita.

I. KESIMPULAN
Tawk.to ini sangat bermanfaat untuk website atau blogger kita.

J. REFERENSI
http://bisnis.ilmuwebsite.com/2016/01/tawkto-live-chat-freemium-untuk-sapa.html
Previous
Next Post »