Sejarah Komputer

Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman, selamat sore. Kali ini saya akan mensyaringkan tentang komputer. Simak ya ..

A. JUDUL KEGIATAN
Sejarah Komputer.

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data.
2. Latar Belakang
Mungkin selama ini masih banyak orang yang belum mengerti dan memahami tentang apa itu komputer, sejarah komputer dan fungsinya.
3. Maksud dan Tujuan
Agar kita memahami akan sejarah, pengertian dan fungsi dari komputer.
4. Hasil yang diharapkan
Memahami tentang sejarah, pengertian dan fungsi dari komputer.

C. ALAT DAN BAHAN
- Komputer
- Koneksi Internet untuk mencari referensi

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Kurang lebih 2 jam.

E. URAIAN KEGIATAN

a. Pengertian
Menurut wikipedia indonesia, pengertian dari komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah yang telah ditentukan.Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara umum, komputer dapat didefinisikan sebagai alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lainnya yang dapat menghasilkan sebuah data.

b. Sejarah Komputer
1. Komputer Generasi Pertama
Maksud dan tujuan dibuatnya komputer ini adalah dikarenakan adanya Perang Dunia II, kemudian negara-negara yang terlibat mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mill.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980).
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
2. Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, di temukan transistor yang telah mengganti tabung vakum di televisi, radio dan komputer. Transistor mulai digunakan pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
3. Komputer Generasi Ketiga
Pada komputer generasi ketiga ini tepatnya pada tahun 1958, ditemukan sebuah alat yang bernama Inegrated Circuit (IC), yang dikembangkan oleh  Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrumen. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Tujuan dari pengembangan alat ini adalah walaupun pada komputer sudah terpasang transistor, namun transistor ini memiliki tingkat kepanasan yang tinggi yang dapat merusak bagian internal komputer. Maka dari itu, dikembangkan sebuah alat yang bernama IC ini, alat ini berfungsi untuk menggantikan posisi transistor, sehingga komputer pada generasi ke 3 ini, ukurannya sudah kecil.
4. Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket peranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Peranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
5. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

F. HASIL YANG DIPEROLEH
Memahami pengertian dan fungsi dari komputer. Selain itu, kita juga memahami tentang sejarah komputer lebih jelas lagi.

G. KESIMPULAN
Seiring berkembangnya teknologi informasi, para ilmuan telah mengembangkan banyak alat yang digunakan untuk mengurangi kelemahan yang ada pada komputer. Sehingga kita bisa menggunakan komputer lebih praktis. Yang sekarang ukuran dari komputer tersebut sudah tidak sebesar komputer generasi I dan II.

H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
Previous
Next Post »