Menginstal Slims Senayan Akasia di Linux Mint Mate 18


Binti Qomariah – Assalamu’alaikum teman ..
Hari ini saya akan mensyaringkan tentang Slims beserta tutorial penginstalannya. Oh iya, sebelumnya ada yang tahu nggak sih apa itu slims?. Oke, untuk lebih memahaminya simak di blog ini ya.

A. JUDUL KEGIATAN
    Tutorial Menginstal  Slims Akasia 8 di Linux Mint Mate 18.1.

B. PENDAHULUAN
a. Pengertian
    Slims adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola perpustakaan. Sering orang salah pengertian tentang Slims ini. Orang-orang menganggap slims ini adalah sebuah aplikasi perpustakaan online. Padahal bukan itu pengertian yang sebenarnya. Slims hanya bisa digunakan oleh pustakawan untuk mengelola/memanage perpustakaan.
   Di slims, pustakawan bisa mengelola semua kegiatan yang ada diperpustakaan. Contohnya seperti menambah anggota perpustakaan untuk mengelola perpustakaan, menginput buku, mencopy catalog buku dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan oleh pustakawan.     
b. Latar Belakang
    Dikarenakan ada projek untuk mengelola perpustakaan. Dan agar kita tahu tentang penggunaan slims yang sebenarnya dan dapat diaplikasikan dibeberapa tempat.
c. Maksud dan Tujuan
    Maksud dan tujuan dari pengenalan Slims ini adalah agar kita tahu pengertian dari slims yang benar dan agar kita dapat memahami dan dapat mengaplikasikan slims.
d. Hasil yang Diharapkan
    Dapat menginstal Slims sesuai dengan ketentuan dan prosedur penginstalan. Dan tidak salah pengertian lagi tentang pengertian dan kegunaan Slims.

C. ALAT DAN BAHAN
- Laptop atau Komputer.
- Satu packgake aplikasi Slims.

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
    Kurang lebih 30 menit.


E. TAHAPAN PENGERJAAN/URAIAN

1. Letakkan folder slims anda di file system.
Buka file manager, rename nama folder slims anda dan extrak folder slims anda. Kemudian buka terminal anda, dan beri hak akses untuk slims. Dengan memasukkan perintah :

$ chmod -R 777 ...

2. Jika sudah diberi hak akses, kemudian buat database di phpmyadmin dengan nama database sesuai keinginan anda.
3. Kemudian buka file manager, dan buka folder slims anda yang sudah diextrak. Dan buka folder installasi, cari senayan.sql kemudian import ke database yang sudah kita buat tadi. Kemudian cari file sampledata.sql kemudian import file tersebut di database yang kita buat tadi.

4. Jika sudah di import semua ke database, langkah selanjutnya adalah buk browser anda. Kemudian ketikkan :

localhost/… (nama folder slims anda)

5. Dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Dan klik Let’s Start The Installation.



6. Kemudian masuk ke step 1 (tampilannya seperti pada gambar dibawah ini). Kemudian klik new install (karena kita akan menginstall slims mulai dari awal).



7. Lanjut ke step 2. Di step 2 ini, kita akan mengisikan data-data dari database. Kemudian untuk identitas slims boleh anda isi juga boleh anda kosongi.



8. Lanjut ke step 3. Di step 3 langsung kita klik install saja.


9. Dan selamat, Slims anda sudah terinstall dan sudah dapat  anda gunakan untuk mengelola perpustakaan.

G. TEMUAN PERMASALAHAN
     Pada step 3 terjadi error dalam penginstalan. Hal ini disebabkan karena ada konfigurasi yang salah atau bisa juga ada konfigurasi yang terlewat.

H. KESIMPULAN

     Proses menginstall Slims membutuhkan ketelitian.

I. REFERENSI
   Pembimbing RPL BLC Telkom Klaten.


Previous
Next Post »