Perbedaan Antara MySQL dan MySQLi


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman. Kali ini saya akan mensyaringkan tentang Perbedaan MySQL dan MySQLi. Apa sih perbedaannya?. Padahal kan sama-sama syntax yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database. Penasaran ya ?. Simak dulu deh.

A. PENDAHULUAN
1. Pengertian
Menurut wikipedia, MySQL adalah sebuah perangkat lunak yang mengelola atau memanagement database. Sedangkan  MySQLi adalah driver database relasional yang digunakan dalam bahasa scripting PHP untuk menyediakan antarmuka dengan database MySQL . MySQLi merupakan perbaikan versi dari MySQL yang lebih tua yang menyediakan banyak manfaat.
2. Maksud dan Tujuan
Memahami perbedaan MySQL dan MySQLi. Selain itu agar kita memahami penggunaan dari MySQL dan MySQLi.
3. Latar Belakang
Kita sebagai seorang pengembang aplikasi atau software harus mengetahui dan memahami tentang penggunaan dan perbedaan dari MySQL dan MySQLi.
4. Hasil yang diharapkan
Dapat mengetahui perbedaan dan memahami penggunaan MySQL dan MySQLi.

B. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
-/+ 2,5 jam.

C. URAIAN
Terhitung dari PHP versi 5.5, extension mysql tidak lagi disarankan penggunaannya dan berstatus deprecated, yang berarti mungkin akan dihapus pada PHP versi berikutnya. Kita disarankan untuk mulai beralih menggunakan mysqli atau PDO.
MySQLi (MySQL Improved Extension), ekstensi ini merupakan versi perbaikan dan penambahan dari ekstensi mysql sebelumnya. MySQLi dibuat untuk mendukung fitur-fitut terbaru dari MySQL Server versi 4.1 keatas.
Sebenarnya, disini tidak ada perbedaan yang mencolok. Sebagai contoh untuk membuat MySQL Server, didalam mysql kita menggunakan funsi mysql_connect(), sedangkan di MySQLi kita menggunakan fungsi mysqli_connect(). Begitu juga dengan fungsi-fungsi yang lain.
Selain menambah huruf “i” di dalam nama fungsi, argumen-argumen yang dibutuhkan juga hampir mirip. Perbedaannya, jika di dalam extension mysql umumnya kita meletakkan argumen resources di akhir fungsi, maka di dalam mysqli, argumen ini diteletakkan di awal.

D. HASIL YANG DIDAPAT
Dapat memahami perbedaan MySQL dan MySQLi. Dan memahami penggunaannya.

E. MASALAH YANG DIHADAPI
Sampai saat ini belum ada masalah yang dihadapi.

F. KESIMPULAN
Di dalam blog kali ini kita telah membahas sekilas mengenai perbedaan extension mysql dengan extension mysqli yang lebih baru. Sesuai dengan instruksi dari manual MySQL, sebaiknya kita tidak menggunakan lagi extension mysql.
G. REFERENSI
https://translate.google.co.id/translate?hl=en&sl=en&tl=id&u=https%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FMySQLi
http://www.duniailkom.com/tutorial-php-mysql-perbedaan-mysql-dan-mysqli-extension-php/
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Ekonomi
admin
24 Desember 2019 pukul 00.10 ×

thanks infonya
kunjungi website kita www.uma.ac.id , www.ekonomi.uma.ac.id

Congrats bro Ekonomi you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar