HTML : Membuat Tabel Melalui HTML

Binti Qomariah – Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Hai teman-teman, kali ini saya akan membagikan tutorial saya mengenai Penggunaan HTML yaitu di tabel. Oke, langsung saja ya ..

A. JUDUL KEGIATAN
HTML : Membuat Tabel Melalui HTML.

B. PENDAHULUAN
1. Pengertian Menurut wikipedia, tabel adalah susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks. 2. Maksud dan Tujuan Untuk membuat data berupa tabel di browser. 3. Hasil yang Diharapkan Dapat membuat tabel melalui HTML. 4. Latar Belakang Diklaim mungkin sebagian dari kita belum mengerti dan belum tahu bagaimana membuat tabel melalui HTML yang bisa bisa di browser web.
C. ALAT DAN BAHAN
- Text Editor
- Laptop atau Komputer

D. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
-/+ 15 menit.

E. TAHAPAN PENGERJAAN
1. Buatlah sebuah folder dengan nama (terserah kita). Tapi kali ini saya memberi nama foder saya dengan nama html table. Kemudian buat file bernama table.html.
2. Buka file table.html kita di text editor kita. Kemudian ketikkan :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body>
</body>
</html>

3. Kemudian sama seperti tutorial-tutorial sebelumnya, isikan tag <title> sesuai dengan yang kita inginkan. Kali ini saya membuat judul dengan nama Membuat Tabel.
4. Kemudian di dalam tag <body> kita masukkan script seperti di bawah ini :
<table border="2">
<tr>
<th>No</th>
<th>Nama</th>
<th>Kelas</th>
<th>Alamat</th>
</tr>
<tr>
<td>1</td>
<td>Binti Qomariah</td>
<td>XI RPL 1</td>
<td>Madiun</td>
</tr>
</table>

Tag <table> ini berfungsi sebagai penanda bahwa kita akan membuat sebuah table di html. Di tag <table> kita membuat border, karena jika tidak kita beri border, maka yang terjadi adalah table tidak memiliki garis tepi. Jika penasaran, silakan di coba dulu, oke.
Sedangkan tag <tr> (table row) berfungsi sebagai membuat table agar bisa tersusun kebawah, tidak memanjang ke samping. Sedangkan, tag <th> (table head) digunakan untuk menandai dan mengisi bahwa text tersebut adalah dibagian kepala dan biasanya akan ditandai dengan text di table head tersebut ter-bold. Dan yang terakhir adalah tag <td>, tag ini merupakan tag yang digunakan untuk mengisi table.
4. Langkah terakhir, save atau simpan file html ini dan kemudian buka di browser kita. Maka, hasilnya akan seperti ini.


F. HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat mengimplementasikan penggunaan HTML Table.

G. MASALAH YANG DIHADAPI
Sejauh ini belum ada masalah yang saya hadapi dalam pembuatan HTML Table tersebut.

H. KESIMPULAN
Pembuatan table ini nantinya dapat diimplementasikan dan digunakan secara bersama dengan bahasa pemrograman PHP. Pembuatan table ini sangatlah mudah.

I. REFERENSI
Previous
Next Post »