PENGENALAN NEXTCLOUD

PENGERTIAN Nextcloud adalah perangkat lunak client-server untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting . Ini secara fungsional mirip dengan Dropbox , meskipun Nextcloud bebas dan open-source , memungkinkan siapa saja untuk menginstal dan mengoperasikannya di server pribadi . Berbeda dengan layanan proprietary seperti Dropbox, arsitektur terbuka memungkinkan penambahan fungsionalitas tambahan ke server dalam bentuk aplikasi.
 

MAKSUD DAN TUJUAN 
- memahami apa itu nextcloud
- perbedaan dengan owncloud
- sejarah nextcloud


ALAT DAN BAHAN
- pc/laptop
- koneksi internet
 
URAIAN Nextcloud adalah perangkat lunak client-server untuk membuat dan menggunakan layanan file hosting . Ini secara fungsional mirip dengan Dropbox , meskipun Nextcloud bebas dan open-source , memungkinkan siapa saja untuk menginstal dan mengoperasikannya di server pribadi . Berbeda dengan layanan proprietary seperti Dropbox, arsitektur terbuka memungkinkan penambahan fungsionalitas tambahan ke server dalam bentuk aplikasi.
Fitur

File nextcloud disimpan dalam struktur direktori konvensional, dan dapat diakses melalui WebDAV jika perlu. File pengguna dienkripsi saat transit dan dapat dienkripsi saat istirahat (memerlukan enkripsi untuk dihidupkan). Nextcloud dapat melakukan sinkronisasi dengan klien lokal yang menjalankan Windows (Windows XP, Vista, 7 dan 8), OS X (10.6 atau yang lebih baru), atau berbagai distribusi Linux .
Pengguna Nextcloud dapat mengatur jadwal tugas kalender dan media streaming ( Ampache ) kalender dari Calvin, CalDAV , kalender.
Dari perspektif administrasi, Nextcloud mengizinkan administrasi pengguna dan kelompok (via OpenID atau LDAP ). Konten dapat dibagi dengan menentukan izin baca / tulis granular antara pengguna dan / atau grup. Sebagai alternatif, pengguna Nextcloud dapat membuat URL publik saat berbagi file. Pembatalan tindakan terkait file serta tidak mengizinkan akses berdasarkan aturan akses file juga tersedia. 
Selanjutnya, pengguna dapat berinteraksi dengan editor teks berbasis browser, layanan bookmark , paket memperpendek URL , galeri, pembaca umpan RSS dan alat penampil dokumen dari dalam Nextcloud. Untuk perluasan tambahan, Nextcloud dapat ditambah dengan aplikasi "satu klik" dan koneksi ke Dropbox , Google Drive dan Amazon S3 .
Nextcloud memperkenalkan fitur baru seperti kemampuan pemantauan, pencarian teks lengkap dan otentikasi Kerberos serta konferensi audio / video, Federasi yang diperluas dan peningkatan UI yang lebih kecil 
Nextcloud tersedia di repositori Fedora Linux
Arsitektur
Agar mesin desktop menyinkronkan file dengan server Nextcloud mereka, klien desktop tersedia untuk PC yang menjalankan Windows , OS X , FreeBSD atau Linux. Klien seluler ada untuk perangkat iOS dan Android . File dan data lainnya (seperti kalender, kontak atau bookmark) juga dapat diakses, dikelola, dan diupload menggunakan browser web tanpa perangkat lunak tambahan. Setiap pembaruan pada sistem file didorong ke semua komputer dan perangkat mobile yang terhubung ke akun pengguna.
Server Nextcloud ditulis dalam bahasa script PHP dan JavaScript . Untuk akses jarak jauh , ia menggunakan saber / dav , server WebDAV open-source Nextcloud dirancang untuk bekerja dengan beberapa sistem manajemen basis data , termasuk SQLite , MariaDB , MySQL , Oracle Database , dan PostgreSQL . 
Dengan Nextcloud 12, sebuah arsitektur baru dikembangkan dengan nama Global Scale, dengan tujuan menskorskan ratusan juta pengguna. Ini membagi pengguna di atas nodus yang terpisah dan mengenalkan komponen untuk mengelola interaksi di antara keduanya. 
Nextcloud Box
Pada bulan September 2016, Nextcloud, bekerja sama dengan Western Digital Labs dan Canonical (perusahaan di belakang Ubuntu ), merilis Kotak Nextcloud. Ini diumumkan pada konferensi Nextcloud tahun 2016 oleh Jane Silber , CEO Canonical dan Frank Karlitschek. 
Kotak Nextcloud berbasis di sekitar Raspberry Pi , dan menjalankan Ubuntu Core dengan Snappy ; Hal ini dimaksudkan untuk dijadikan perangkat referensi bagi vendor lainnya. 
Perbedaan dari ownCloud
Sementara Nextcloud adalah garpu proyekCloud sendiri, ada beberapa perbedaan. Sementara ownCloud menawarkan edisi komunitas open-source, mereka juga menawarkan Enterprise Edition eksklusif dengan fitur tambahan dan langganan dukungan. Sebagai perbandingan, Nextcloud benar-benar open source. Karlitschek mengatakan dalam sebuah wawancara: "Perbedaan paling penting dari Nextcloud dibandingkan dengan solusi lainnya adalah keterbukaannya yang lengkap. Kami tidak memerlukan perjanjian lisensi kontributor dari kontributor atau mitra," kata Karlitschek. "Tidak akan ada kode sumber tertutup, dan semua perencanaan dan pengembangan terjadi di tempat terbuka. Tim Nextcloud bekerja sama selama bertahun-tahun dan, faktanya, tim yang telah membangun teknologinya sejak awal". 

REFERENSI  https://en.wikipedia.org/wiki/Nextcloud
Previous
Next Post »