Bootstrap : Pengenalan Bootstrap Part 1

Mengenal Bootstrap 

Bootstrap adalah Tools untuk membuat aplikasi ataupun webside responsif secara cepat , mudah dan gratis. Kata 'Responsive' berarti bahwa tampilan web (lebar dan susunan isinya) dapat berubah secara otomatis sesuai dengan lebar layar yang menampilkanya .

Bootstrap terdiri dari CSS dan HTML untuk menghasilkan Grid , layout ,Tifologi , Tabel , Form ,Navigasi dan Lain-lain . Di dalam Bootstrap juga sudah terdapat javascript (jQuery Plugins) untuk menghasilakn komponen UI yang cantik seperti Transitions , Modal , DropDown , ScrollSPy , ToolTip , Popover , Tab , Alert , Button ,Carousel , dan lain-lain.

Dengan Bootstrap kita dapat membuat webside Responsive dengan cepat dan mudah .

Latar Belakang

Bootstrap adalah platform baru yang dikembangkan tim twitter. Pertama kali muncul pada ajang hackweek dan kini sudah mulai penyempurnaan. Platform ini hanya menggunakan sedikit coding CSS dan JavaScript namun tetap bisa membuat website yang powerfull mengikuti perkembangan browser. Website yang menggunakan bootstrap akan menjadi website yang fleksibel, nyaman dan tentu saja cepat.


Sejarah Bootstrap

Pada tahun 2011, Bootstrap diciptakan oleh 2 orang programmer di twitter, yaitu Mark Otto dan Jacob Thornton. Pada saat itu, para programmer di twitter menggunakan berbagai macam tool dan library yang mereka kenal dan senangi untuk mempermudah pekerjaan mereka, sehingga tidak ada standarisasi  dan akibatnya susah untuk di maintance. Setelah itu Mark Otto dan Jacob Thornton bergerak untuk menciptakan satu tools atau framework yang dapat digunakan bersama di lingkungan internal twitter.

Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2011, bootstrap telah berevolusi dari sebuah project yang berbasis CSS menjadi sebuah tools atau framework yang lebih lengkap dan juga berisi Javascript Plugin, Icon, Form, dan Button.

pada bulan Januari 2012, bootstrap merelease versi 2.0 yang di dalamnya sudah memasukkan fitur responsive layout.

Pada bulan Agustus 2014, Bootstrap mengeluarkan versi 3.0 yang didalamnya sudah mengakomodasi "mobile first" artinya didalam pembuatan desain website maka kita merancang untuk layar yang kecil dahulu (handphone), kemudaian secara bertahap menambahkan fitur-fitur untuk layar yang lebih besar (seperti tablet).

Struktur Folder dan File Bootstrap

Bootstrap bisa di download secara gratis di webside resmi di http://getbootstrap.com/ 
 lihat gambar di bawah :



Klik tombol Downloads Bootstrap , halaman akan mengarahkan ke halaman lain. dengan tiga pilihan maka pilihlah Downloads Bootstrap.


Hasil Download tadi dan saya akan menjelaskan bagian-bagian dari folder di bawah .


pada Folder css terdapat enam file , yaitu :
  • bootstrap.css, file css yang biasanya digunakan untuk devolopment,
  • bootstrap.css.map, file css yang dihasilkan CSS Preprocessor , seperti Sass , Less , atau Stylus . File ini dapat kita edit menggunakan developer ( debuggers ) yang tersedia di browser Firefox dan Chrome .
  • bootstrap.min.css, file css yang biasanya digunakan dalam prodution ,
  • bootstrap-theme.css, file css tambahan terhadap file bootstrap.css ,fungsinya untuk memperindah tampilan bootstrap .
  • bootstrap-theme.css.map, file ini sama seperti bootstrap.css.map adalah file yang dihasilkan oleh CSS Preprocessor .
  • bootstrap-theme.min.css, file ini digunakan bootstrap theme.css untuk digunakan pada saat production.
pada Folder fonts terdiri dari lima file, yaitu glyphicons yang berisi 263 icon. semua file tersebut isinya sama saja perbedaanya adalah :
  • jika File dengan Ekstension .eot , untuk menampilkan font di browser IE / Microsoft .
  • jika File dengan Ekstension .svg , untuk menampilkan font di browser Chrome , Safari dan Opera .
  • dan jika dengan Ekstension .ttf , bisa di buka di semua browser .
Pada Folder js (javascript) terdiri dari tiga file , yaitu bootstrap.js dan versi mininya yaitu bootstrap.min.js dan file npm.js.

file bootstrap.js berisi fungsi-fungsi javascript yang langsung dapat digunakan (plug-in) untuk membuat tampilan komponen bootstrap lebih interaktif .

Adapun file npm.js hanya digunakan apabila kita menggunakan bootstrap bersama node.js.



Kesimpulan :
bootstrap adalah platform baru yang dikembangkan tim twitter . Pertama kali muncul pada ajang hackweek dan kini sudah mulai penyempurnaan . Platform ini hanya menggunakan sedikit coding CSS dan JavaScript namun tetap bisa membuat webside yang powerfull mengikuti perkembangan browser .Webside yang menggunakan bootstrap akan menjadi webside fleksibel , nyaman dan cara membuatnya cepat.

sekian dari saya jika kurang lebihnya mohon maaf dan kalau kurang mengerti silahkan isi kolom komentar di bawah ini .!!!
Previous
Next Post »