JQUERY : Mengenal Plugin-Plugin JQuery

Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman.
Hari ini kita akan mengenal Plugin-plugin yang terdapat pada JQuery. Kira-kira apa saja sih plugin-pluginnya, trus fungsinya buat apa ya ?. Oke, daripada kita penasaran, mari kita bahas bareng-bareng ya.

PENGERTIAN
Menurut wikipedia, plugin adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu peramban web atau klien surel, sebagai contoh).

LATAR BELAKANG
Ingin menguasai JQuery.

MAKSUD DAN TUJUAN
Dapat mengetahui macam-macam plugin dari JQuery.

HASIL YANG DIHARAPKAN
Dapat memahami macam-macam plugin JQuery beserta fungsinya

URAIAN
Berikut ini jenis-jenis plugin JQuery beserta fungsinya :
1. NanoGalery
Berfungsi untuk menyederhanakan galeri gambar kita. Menampilkan multi-level navigasi dalam album, lightbox, efek melayang-layang combinable pada thumbnail, slideshow, fullscreen, pagination, tema, kompatibilitas bootstrap, i18n, dan menarik di Flickr / Picasa / Google + album foto antara lain .
2. MixItUp
Digunakan untuk memilah dan menyaring melalui konten dikategorikan dengan animasi indah fluida. Ideal untuk blog, portofolio atau bahkan toko eCommerce, itu juga gratis untuk penggunaan komersial. 
3. Menu-AIM
Plugin ini dapat membedakan antara pengguna mencoba melayang-layang di atas item dropdown dan mencoba untuk menavigasi ke isi submenu ini atau menampilkan thumbnail saat mensorot navigasi sub menu. Secara otomatis menghitung niat pengguna Anda saat mereka berinteraksi dengan sistem menu kita.
4. Tooltips
Adalah plugin modern yang mengambil klasik tool tip, memungkinkan kita untuk menampilkan tooltips sepenuhnya. HTML-enabled di markup semantik dengan CSS digunakan untuk mengontrol layar. Ada berbagai macam pilihan konfigurasi, sehingga disesuaikan untuk setiap skenario.
5. Magnific Popup
Adalah plugin lightbox untuk jQuery yang berfokus pada lightweight dan kompatibel.
6. Unslider
Digunakan untuk slide tetapi konsekuensinya kecil dalam ukuran dan super-responsif.  

7. Avgroud Modal
Ini modelwindow popup indah dan menambahkan sedikit popup dengan mengaburkan isi halaman dan memunculkan  kembali konten.
8. JQuery Knob
Digunakan untuk mengambil elemen input dan mengubahnya menjadi cepat dan ramahyang juga bekerja pada desktop.
9. TypeAHead.js
Adalah plugin jQuery yang mudah di terapkan dan merupakan tool yang menarik dari sumber data lokal atau eksternal sebagai jenis pengguna Anda ke kotak input, memberikan saran auto-complete . 
10. Windows
Digunakan untuk memudahkan untuk membuat website full scroll di layar penuh dengan bagian-bagian yang mengisi layar.
11. Jquery Tooltips
Adapun beberapa komponen library yang ditawarkan oleh jQuery Tools diantaranya: Tabs, Tooltip, Expose, Overlay, Scrollable, Flashembed, Form Tools (mencakup datelnput, rangelnput, Validator).
12. JQueryUI
Digunakan untuk menciptakan efek-efek yang canggih dan komponen library pelengkap jQuery, diantaranya: Accordion, Datepicker, Tabs, Dialog, Progress bar, Effect and Animation, Overlay and Shadow, Highlight and Error, Button and AutoComplete, Drag and Drop, Slider, dan sebagainya.
13. Cycle 
Digunakan untuk animasi image dalam sebuah website, plugin ini menggantikan fungsi flash sebagai animasi.

HASIL YANG DIDAPATKAN
Dapat mengetahui sedikit plugin JQuery beserta fungsinya.

TEMUAN PERMASALAHAN
-

KESIMPULAN
Ada banyak plugin JQuery. Yang saya sebutkan diatas hanya sebagian saja. Silakan untuk menggunakan Plugin JQuery sesuai dengan keinginan dan kenyamanan sobat-sobat sekalian. Namun, dalam pemakaiannya harus memperhatikan fungsi dan kapan seharusnya kita menggunakan plugin tersebut.

REFERENSI
https://supono.wordpress.com/2009/08/15/jquery-plugin-yang-sering-digunakan/
https://www.centerklik.com/10-jquery-plugins-terbaik-gratis-download-1/
https://id.wikipedia.org/wiki/Colok-masuk

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
11 April 2019 pukul 01.11 ×

Nice Info.
Saya jadi bisa belajar JQuery sedikit demi sedikit. Makasih min

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar