JAVASCRIPT : Pengenalan Javascript


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman.
Oke, kali ini saya akan membahas mengenai JavaScript. Apa itu JavaScript? dan apa fungsi dari JavaScript?. Oke, langsung saja ke topiknya, ya.


PENGERTIAN
Menurut wikipedia, JavaScript adalah bahasa pemrograman ditafsirkan bahwa sebagian besar digunakan untuk mengubah halaman web statis menjadi halaman dinamis dan interaktif setelah web browser telah selesai men-download sebuah halaman web.

LATAR BELAKANG
Karena kemarin kita sudah belajar mengenai Bootstrap, maka sudah saatnya kita masuk ke Javascript.

MAKSUD DAN TUJUAN
Menguasai bahasa javascript yang digunakan sebagai platfrom yang mengubah web statis menjadi web dinamis.

HASIL YANG DIHARAPKAN 
Menguasai bahasa javascript dan dapat mengimplementasikannya.

URAIAN
JavaScript adalah bahasa pemrograman ditafsirkan bahwa sebagian besar digunakan untuk mengubah halaman web statis menjadi halaman dinamis dan interaktif setelah web browser telah selesai men-download sebuah halaman web.
JavaScript merupakan bahasa script, yaitu bahasa yang tidak memerlukan kompiler untuk dapat menjalankanya, tetapi cukup dengan Interpreter. Tidak perlu ada proses kompilasi terlebih dahulu agar program dapat dijalankan.
JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang tidak membutuhkan lisensi untuk dapat menggunakanya.  Jika browser web yang kita gunakan mendukung JavaScript, maka kita dapat langsung membuat aplikasi berbasis web dengan menggunakan JavaScript. JavaScript muncul sebagai jawaban atas tantangan dari pengakses web yang mengharapkan halaman web yang ditampilakan dapat lebih dinamis, tidak statis. Dokumen atau halaman web, tidak sekedar digunakan untuk dapat berinteraksi dengan suatu sistem informasi . Karena pada awal perkembangan teknologi dan peneraopan web , halaman-halaman web lebih cenderung sebagai halaman-halaman yang statis, tidak ada suatu daya tarik lain.
Kemudian untuk membuat web statis menjadi model web dinamis yaitu bahwa halaman web yang ditampilkan bisa juga digunakan sebagai aplikasi, sebagaimana aplikasi dalam suatu sistem operasi (aplikasi atau program berbasis teks atau windows). Aplikasi yang ditampilkan pada halaman web harus dapat memberikan  informasi atau pun melakukan validasi terhadap masukan yang diberkan oleh pemakai sebelum dikirimkan kepada server untuk diproses.
Untuk menjalankan javascript, kita hanya membutuhkan aplikasi text editor, dan web browser. Javascript memiliki fitur: high-level programing language, client-side, loosely tiped, dan berorientasi objek.


Sejarah Javascript
JavaScript pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript”” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Pada saat yang bersamaan Microsoft sendiri mencoba untuk mengadaptasikan teknologi ini yang mereka sebut sebagai “Jscript” di browser milik mereka yaitu Internet Explorer 3. JavaScript sendiri merupakan modifikasi dari bahasa pemrograman C++ dengan pola penulisan yang lebih sederhana dari bahasa pemrograman C++.


HASIL YANG DIDAPATKAN
Paham mengenai Javascript mulai dari sejarahnya hingga pengertiannya.

KESIMPULAN
JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program yang digunakan agar dokument HTML yang ditampilkan pada sebuah Browser menjadi lebih interaktif, tidak sekedar indah saja.

REFERENSI 
http://www.bimablctelkom.com/2016/12/pemgenalan-javascript.html
https://id.wikibooks.org/wiki/JavaScript
Previous
Next Post »