Diskusi Dengan Mbah Suro : Evaluasi Sumber Daya Manusia


Binti Qomariah - Assalamu'alaikum teman-teman.
Hari ini adalah minggu pertama di Tahun 2018. Hari ini kami mengadakan kegiatan Evaluasi Bersama Mbah Suro Mengenai Sumber Daya Manusia. Pada kesempatan kali ini, kami mengevaluasi diri kami mulai dari kegiatan harian kami sampai dengan kekuranngan kami yang harus segera kami lengkapi untuk mempersiapkan masa depan kami.

A. PENGERTIAN
Menurut Wikipedia, Sumber Daya Manusia adalah merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu perusahaan, institusi maupun organisasi dan merupakan salah satu kunci bagi perkembangan perusahaan institusi maupun organisasi.

B. LATAR BELAKANG
Dikarenakan tahun ini dianggap sebagai awal dari kesuksesan dan kemajuan bagi kita, maka kita akan mengevaluasi yang menjadi hambatan dan kekurangan kita yang harus segera kita lengkapi.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan dari diadakannnya kegiatan evaluasi ini adalah agar kami tahu kekurangan dan kelemahan kami.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Mengetahui kekurangan dan kelemahan kami agar kami dapat memperbaiki dan siap menjadi maju.

E. URAIAN KEGIATAN
Seperti biasanya, pada hari sabtu kami mengadakan evaluasi dari hasil kerja kami selama seminggu. Tetapi untuk evaluasi kali ini kami dipandu dengan Mbah Suro selaku pembimbing DUDI kami.
Evaluasi kami kali ini membahas tentang Sumber Daya Manusia. Tentu saja, itu pasti tentang kami.
Mbah Suro mengavaluasi kegiatan kami dan karakter kami dengan tujuan agar kami dapat memperbaiki sikap, karakter dan kepribadian kami menjadi lebih baik dan tentunya yang akan menjadikan kami memiliki sikap, mental dan kepribadian siap kerja.

Berikut ini adalah yang dievaluasi oleh Mbah Suro dan sekaligus yang menjadi kekurangan kami :
1. Kurang Komitmen. Menurut KBBI, komitmen berarti /ko·mit·men/ n perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak. Sedangkan menurut wikipedia,
komitmen berarti keterikatan antara dua belah pihak.
2. Kurang Continue. Yang artinya berkelanjutan. Berkelanjutan disini kita merasa sudah puas dengan hal yang sudah kami hasilkan, padahal hal tersebut merupakan masih yang dasar dan itu merupakan hal yang masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu yang lain.
3. Kurang Konsisten. Menurut wikipedia, Konsistensi dalam ilmu logika adalah teori konsistensi merupakan sebuah sematik dengan sematik yang lainnya tidak mengandung kontradiksi. Yang artinya kita itu hanya bisa berbicara saja, tidak ada bukti bahwa kita sudah melakukan sesuatu hal.

Kemudian, untuk solusi yang diberikan oleh Mbah Suro yakni :
1. Kita harus menyisihkan waktu 2 jam untuk fokus belajar.
2. Menysihkan waktu 45 menit untuk membuat postingan dan sharing mengenai ilmu yang sudah didapat.

F. MASALAH YANG DIHADAPI
Masalah yang kami hadapi disini adalah kami kurang bisa memanajement waktu atau mengatur waktu antara sharing, belajar dan membuat postingan. Kemudian Mbah Suro memberi solusi seperti diatas tadi. Agar belajar kami lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu.

G. KESIMPULAN
Disini dapat disimpulkan bahwa dalam tahapan atau proses belajar, kita harus komitmen dengan diri kita sendiri bahwa apa yang akan kita kerjakan itu sesuai dengan apa yang telah menjadi target kita. Kemudian kita juga harus bisa konsisten, apa pun yang kita kerjakan itu harus ada dokumentasinya dan harus ada buktinya bahwa kita memang benar-benar telah mempelajarinya. Dan yang terkahir dan yang paling penting, proses belajar kita harus continue, maksudnya untuk proses belajar kita harus benar-benar mulai dari dasar baru kemudian kita ke tahap berikutnya. Intinya jangan meloncat-loncat dan tidak jelas tujuannya.

H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia
https://kbbi.web.id/komitmen
https://kbbi.web.id/konsisten
Previous
Next Post »